Update PR dan Analisa Akhir Tahun 2009

Update PR terjadi akhir tahun 2009, menjelang tahun baru 2010. Di tahun baru ini, saya memperhatikan banyak website yang terkena penalty, deindex, sampai dengan susahnya terindex akibat update Caffeine yang rupanya digunakan untuk meminimalisir artificial SEO, baik dari segi on-page maupun off-page. Yang paling kentara adalah berubahnya otoritas dan relevansi di google.com. Untuk co.id rupanya masih mengekor dan butuh waktu untuk berubah.

Hal lainnya mungkin adanya sensor terhadap data search google, seperti pada dipangkasnya Google Trends. Ini mungkin bertujuan untuk mengurangi spamming index, yang ternyata Google pun memiliki cap dalam limit indexnya, sehingga dari waktu ke waktu akan berusaha melakukan de-index terhadap outdated dan artikel yang tidak relevan lagi. Ini akan memaksa banyak orang yang memiliki website yang tergolong besar dengan banyak index untuk melakukan audit terhadap link dan relevansi.

Page Speed dan kebersihan situs rupanya semakin memainkan peran dalam tahun 2010, terbukti dengan ditambahkannya fitur Lab di webmaster tool.