Twitter Over Capacity Terlama Juni 2010

Twitter Over CapacityBulan Juni 2010 lalu, Anda pasti sering mendapati situs Twitter menampilkan gambar burung yang membawa ikan paus seperti yang diilustrasikan di sebelah. Twitter mengalami over capacity terlama dari report Pingdom yang diperoleh sejak Agustus dan Oktober 2009, dengan akumulasi downtime sebesar 5 jam 43 menit.

Entah kebetulan atau tidak, momen kasus video mesum Ariel Peterpan dan Luna Maya serta berkenaan dengan Piala Dunia turut menyumbangkan sejumlah downtime di situs microblogging terbesar di dunia tersebut.

Twitter Downtime
Bila melihat dari laporan status yang diberikan di status.twitter.com, kerusakan memang berada pada pihak server Twitter sendiri dimana server tidak mampu menampung banyaknya aliran tweet yang ada. Disamping itu, sistem otomatis yang biasa digunakan software juga turut menyumbang sebagian dari waktu downtime Twitter dengan adanya laporan API yang error. Developer rupanya harus melimit fecthing API dari 175 ke 75 dan langkah mendisable RSS yang biasa digunakan untuk memposting tweet dan pencarian tweet. Tanggal 15 Juni pun Trends terpaksa harus didisable.

Beberapa orang justru juga harus rela kehilangan (sementara) tweet gara-gara Twitter mengalami kegagalan sistem. Seperti biasanya, bila ada hal semacam ini di Twitter, API akan terpaksa diupdate dan banyak software otomasi yang akan kehilangan “giginya”. Waktunya update software lagi.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Sampah Anorganik Search Engine Result: Twitter
  2. Cara Mendapatkan Twitter Follower Berkualitas

2 Responses to “Twitter Over Capacity Terlama Juni 2010”

  1. khay says:

    emang benar Jim…traffik waktu itu sangat padat…

  2. Jidat says:

    Hahahaha kasian pengguna twitter termasuk saya @jidat for all :)