Tips Memilih Web Hosting untuk WordPress

MySQL
Image via Wikipedia

Kemarin malam sempet chatting masalah web hosting sama seorang teman saya yang sedang bekerja sebagai DBA di sebuah bank swasta terkenal, dapet curian ilmu-ilmu gratis masalah memilih web hosting yang cocok hehehe. Supaya nggak lupa, sekalian saya posting dan mungkin juga berguna bagi temen-temen sekalian yang lagi simpang siur dapet informasi mengenai web hosting yang seperti apa yang cocok untuk WordPress.

Ada 3 hal penting yang perlu digarisbawahi dalam memilih web hosting untuk WordPress, yaitu:

  1. RAM
  2. Duit
  3. Duit

Hahaha, yang keempat katanya nggak perlu diterusin, dah tau jawabannya kan? Kenapa kok cuman RAM saja? Karena WordPress lebih berat prosesnya di koneksi database MySQL sehingga RAM menjadi prioritas utama dalam hunting Anda mencari web hosting yang ideal (walaupun mungkin bisa diakali dengan memakai plugin WP-SuperCache, tapi tetap aja kinerja WordPress bakal kurang optimal gara-gara static page).

Hal yang pertama adalah melihat spesifikasi server dari hosting tersebut. Kalau bisa, tanyakan langsung secara lengkap spesifikasi server terkait dengan RAM, merknya apa dan apakah termasuk 32bit atau 64bit. Kata temen saya, RAM 64 bit akan lebih cepat prosesnya daripada 32bit.

Kedua, coba lihat spesifikasi CPU, apakah cache memory nya besar atau tidak? Teman DBA saya ini bilangnya lebih prefer servernya Intel karena biasanya lebih besar cache memorynya daripada server dengan processor AMD. Hubungannya apa? Tentunya balik lagi ke proses database, processor pertama akan memproses cache memory terlebih dahulu sebelum ke RAM. Semakin besar cache memorynya semakin bagus. Untuk masalah speed, nggak perlu dikhawatirkan, nggak ngaruh katanya.

Ketiga, sesuaikan dengan budget Anda dan lihat review supportnya seperti apa. Susah kan kalau web udah mulai rame, down sedikit supportnya pada kabur entah kemana 🙁

Tentunya kalau memilih web hosting berbanding lurus dengan harganya. Biasanya semakin mahal semakin bagus kualitasnya 😀

Selanjutnya kami membahas hal-hal teknis seputar optimasi MySQL, indexing, statistik dll…Lain kali saya bahas deh, soalnya agak geek alert banget hihihi.

PS: Nggak tau apakah boleh dikenalin apa nggak ke khalayak teman saya ini…nanti saya minta ijin dulu boleh apa nggak diekspos hehehe.