Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda

An example of
Image via Wikipedia

Bila Anda baru saja memulai bisnis online, pasti dihadapkan oleh pertanyaan ini yang mau tidak mau harus Anda cari solusinya. Tidak mudah untuk memilih hosting baru untuk blog Anda, apalagi banyak hosting-hosting murah yang terbukti hosting murahan, mulai dari support yang buruk, performance amburadul, sampai yang hanya hit and run. Tapi ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak memilih hosting.

  1. Pastikan tujuan memulai bisnis online Anda. Apakah nantinya web hosting murah tersebut akan Anda gunakan sebagai blog pribadi, ecommerce, membangun layanan, atau hanya sekedar sales letter? Ini akan membawa Anda pada kriteria bandwidth, space, dan fasilitas apa yang akan Anda butuhkan.
  2. Lakukan riset. Berdasarkan tujuan memulai bisnis online Anda, segera lakukan riset terhadap webhosting murah yang Anda tuju. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari google (lebih baik lagi blogsearch) dengan keyword “hosting review”. Anda akan mendapatkan opini berharga mengenai berbagai hosting murah berkualitas yang direview oleh blogger-blogger yang telah mencoba terlebih dahulu sebelum Anda.
  3. Cek data whois web hosting tersebut. Anda akan tahu berapa lama hosting murah tersebut menjalankan bisnisnya. Hindari web hosting murah yang baru berumur 1 tahun atau bahkan kurang. Anda pasti tak mau bisnis Anda tersendat-sendat gara-gara banyak error dan menjadi masyarakat hosting nomaden bukan?
  4. Cek harga hosting. Bandingkan harga dengan web hosting murah lainnya, dan pilih penawaran terbaik. Ini bakal sesuai dengan tujuan memulai bisnis online Anda. Bila Anda fokus pada layanan dan menghasilkan banyak traffic, mungkin Anda perlu berpikir untuk mencari hosting murah di luar negeri. Karena pengalaman saya membuktikan bahwa hosting murah di negeri sendiri kalah murah dengan yang ada di luar negeri dengan layanan yang jauh lebih baik. Cari promosi dan kupon yang mungkin ada di google.
  5. Cek pembayaran. Banyak hosting murah yang menawarkan harga murah berdasarkan waktu pembayaran. Bila Anda memilih membayar per bulan, dipastikan lebih mahal bila memilih membayar per tahun. Cek kesiapan modal Anda. Bila Anda baru saja memulai bisnis online, saya sarankan memilih pembayaran per bulan, karena selain menghemat modal, Anda pun belum mengetahui seluk beluk web hosting tersebut. Lagipula Anda bisa upgrade pembayaran di lain waktu.

Selamat memulai bisnis online Anda dengan hosting murah. Jangan salah memilih hosting murahan yang nggak jelas kualitasnya. Bila Anda ragu, Anda bisa memilih hosting yang lebih mahal. Biasanya harga hosting lebih mahal lebih baik kualitasnya. Ada harga ada kualitas, walaupun belum tentu.

Ada lagi yang punya pengalaman memakai hosting murah?

Posting Menarik Lainnya:

  1. Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda
  2. 4 Tips Mendapat Harga Murah dari Hosting Mahal
  3. Tips Memilih Web Hosting untuk WordPress
  4. Fakta Dibalik Hosting Murah
  5. Tips on Choosing Best Web Hosting Company for Your Online Business
  6. Jangan Mau Rugi dalam Bisnis Online!
  7. Memulai Bisnis Online Dengan Mindset Yang Benar
  8. Memulai Bisnis Online, Rahasianya Ada Disini!
  9. Site Speed = Kematian Hosting Murah?
  10. Kelemahan Bisnis Online

13 Responses to “Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda”

  1. sepakbola24 says:

    apakah mas jemmy punya saran di mana hosting murah lokal yg bagus ?

  2. jemmy says:

    Sejauh ini saya belum banyak mencoba web hosting lokal, karena jatuhnya malah lebih murah diluar negeri (untuk bandwidth besar) :P
    Saya sarankan untuk tidak mengambil paket IIX, ambil paket US saja. Mungkin Anda bisa mencoba ardhosting.com, teman-teman menyarankan untuk kesana bila hosting dalam negeri.

  3. hermanus says:

    kalau saya sih masih pakai yang Indonesia, yang murah, karena itung-itung menghemat ongkos juga (baru nyoba-nyoba) tetapi memang agak lambat dan suportnya juga agak payah, tetapi untuk sementara saya abisin dul kontraknya baru mikirin untuk pindah hosting

  4. nugraha says:

    Mas Jemmy, saya punya blog yang berusia 9 bulan lebih. Seandainya saya beralih ke domain dan hosting berbayar, bagaimana pengaruhnya terhadap traffic dan PR yang sudah saya raih di blog gratisan ? Maksud saya, kan sudah banyak yang tau alamat blog saya, kalau saya pindah, apakah bisa menggunakan redirect dari alamat lama ke alamat baru ? Atau cukup hanya ada pemberitahuan ? Mohon penjelasannya.

  5. suamimalas says:

    kalo yang murah tapi oke tahu informasinya gak? soalnya saya tahunya yang agak mahal doank nih…boleh juga kalo ada yang pahe tapi reliable…

  6. jemmy says:

    @hermanus: Betul pak, lebih baik habisin kontrak dulu lalu pindah. Nggak usah bingung dengan pindahan karena biasanya pihak web hosting baru akan dengan senang hati membantu pindahan situs Anda.
    @nugraha: Agak susah juga ya mas, mengingat Anda menggunakan blog gratisan (blogspot). Saya rasa Anda bisa gunakan fasilitas custom domain di blogspot, jadi Anda tinggal membeli domain baru dan mengarahkan nameserver domain yang baru tersebut ke blogspot, sehingga blog Anda bisa diakses langsung lewat namaanda.com. Mengenai PR dan traffic saya rasa tidak begitu berpengaruh (malah mungkin lebih baik lagi karena memiliki domain sendiri yang mudah diingat), karena blog Anda masih dapat diakses lewat namaanda.blospot.com (akan diarahkan secara otomatis oleh blogspot ke domain baru Anda).
    @suamimalas: Biasanya mahal = berkualitas pak :) Coba dapatkan pendapat kedua dari teman-teman Anda yang telah memakai. Saya tidak banyak memakai hosting lokal sehingga maaf sekali, belum bisa memberikan pandangan mengenai hosting murah yang bagus :)

  7. IDwebhost says:

    Dear Mas Jemmy dan teman-teman blogger,

    Saya Nugroho dari IDwebhost.

    Baru saja saya membaca artikel di blog ini. Saya ingin sharing saja, dalam memilih hosting yang bagus ada beberapa tips:

    1. Pelayanan
    Pelayanan adalah hal yang utama dari layanan webhosting. Karena hal ini sangat berhubungan dengan kenyamanan kita dalam memanage account hosting kita nantinya.

    2. Harga
    Tidak dapat dipungkiri, untuk masalah harga, juga sangat menentukan. Tidak hanya murah saja, namun juga tetap menjaga kualitas dengan harga tetap MURAH dan bersaing.

    3. Server
    Server adalah hal teknis paling utama dalam dunia Hosting. Terutama adalah masalah kestabilan dan kecepatan akses account hosting kita.

    4. Sistem aktivasi yang realtime
    Proses aktivasi yang cepat, sangat diperlukan bagi kita semua. Terutama bagi yang membutuhkan domain ataupun website harus online saat itu juga.

    5. Perusahaan yang profesional
    Untuk menangani masalah hosting, sangat dibutuhkan perusahaan yang profesional, terpercaya dan berpengalaman.

    Semoga bisa membantu informasi ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kami.

    Regards,

    Nugroho
    IDwebhost.com

  8. jemmy says:

    @idwebhost: Maaf kata-kata promosi Anda saya hapus, soalnya jadi nggak obyektif komentarnya. Terimakasih buat masukkannya.

  9. mangyus says:

    Aq masih dalam tahap pencarian host nih..
    kedepan rencana mau nyari en nyoba yang ada di luar,…hehehe

  10. jemmy says:

    @mangyus: kalo budget mencukupi $10/bulan mending di luar aja mas, coba hostgator dijamin puas :D klo Indo saya blum ada rekomendasi yang benar-benar bisa buat jangka panjang (maklum klo traffic ribuan ga kuat mereka).

  11. IDwebhost says:

    @ Mas Jemmy

    Iya Mas, gpp :)

    Terima kasih juga telah memberikan ruang untuk menyampaikan komentar dari kami.

    Regards,

    Nugroho
    IDwebhost.com

  12. AzzaaM says:

    lah, kalau hosting reseller yang bagus apaan mas?

  13. jemmy says:

    @azzaam: terus terang saya belum pernah coba hosting reseller karena menurut saya sama dengan shared hosting, mending Anda pakai VPS/DS aja, full control pada sisi server :)

Leave a Reply