Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda

An example of
Image via Wikipedia

Bila Anda baru saja memulai bisnis online, pasti dihadapkan oleh pertanyaan ini yang mau tidak mau harus Anda cari solusinya. Tidak mudah untuk memilih hosting baru untuk blog Anda, apalagi banyak hosting-hosting murah yang terbukti hosting murahan, mulai dari support yang buruk, performance amburadul, sampai yang hanya hit and run. Tapi ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak memilih hosting.

  1. Pastikan tujuan memulai bisnis online Anda. Apakah nantinya web hosting murah tersebut akan Anda gunakan sebagai blog pribadi, ecommerce, membangun layanan, atau hanya sekedar sales letter? Ini akan membawa Anda pada kriteria bandwidth, space, dan fasilitas apa yang akan Anda butuhkan.
  2. Lakukan riset. Berdasarkan tujuan memulai bisnis online Anda, segera lakukan riset terhadap webhosting murah yang Anda tuju. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari google (lebih baik lagi blogsearch) dengan keyword “hosting review”. Anda akan mendapatkan opini berharga mengenai berbagai hosting murah berkualitas yang direview oleh blogger-blogger yang telah mencoba terlebih dahulu sebelum Anda.
  3. Cek data whois web hosting tersebut. Anda akan tahu berapa lama hosting murah tersebut menjalankan bisnisnya. Hindari web hosting murah yang baru berumur 1 tahun atau bahkan kurang. Anda pasti tak mau bisnis Anda tersendat-sendat gara-gara banyak error dan menjadi masyarakat hosting nomaden bukan?
  4. Cek harga hosting. Bandingkan harga dengan web hosting murah lainnya, dan pilih penawaran terbaik. Ini bakal sesuai dengan tujuan memulai bisnis online Anda. Bila Anda fokus pada layanan dan menghasilkan banyak traffic, mungkin Anda perlu berpikir untuk mencari hosting murah di luar negeri. Karena pengalaman saya membuktikan bahwa hosting murah di negeri sendiri kalah murah dengan yang ada di luar negeri dengan layanan yang jauh lebih baik. Cari promosi dan kupon yang mungkin ada di google.
  5. Cek pembayaran. Banyak hosting murah yang menawarkan harga murah berdasarkan waktu pembayaran. Bila Anda memilih membayar per bulan, dipastikan lebih mahal bila memilih membayar per tahun. Cek kesiapan modal Anda. Bila Anda baru saja memulai bisnis online, saya sarankan memilih pembayaran per bulan, karena selain menghemat modal, Anda pun belum mengetahui seluk beluk web hosting tersebut. Lagipula Anda bisa upgrade pembayaran di lain waktu.

Selamat memulai bisnis online Anda dengan hosting murah. Jangan salah memilih hosting murahan yang nggak jelas kualitasnya. Bila Anda ragu, Anda bisa memilih hosting yang lebih mahal. Biasanya harga hosting lebih mahal lebih baik kualitasnya. Ada harga ada kualitas, walaupun belum tentu.

Ada lagi yang punya pengalaman memakai hosting murah?