The Long Tail

Barangkali ada yang udah ngerti ya apa itu The Long Tail? Buku karangan Chris Anderson ini emang oke punya, sayang bahasanya bikin orang ngantuk jadi seorang pribumi kayak saya ini nggak betah lama-lama baca kayak baca komik :P

Bagi seorang netpreneur, wajib deh kayaknya mengetahui apa itu long tail. Aku gak akan bahas sih, bukunya aja tebel bok. Kebanyakan sih buku ini sekilas kayak kebanyakan buku bisnis / marketing lainnya, teori teori dan teori…Aku mah gak gampang nyerna teori. Tapi ada yang menarik. Pada chapter akhir buku ini intisari buku The Long Tail dibahas.

So, I cheated and red that chapter.

Bab 14 (waduh banyak amat) yang berjudul Long Tail Rules membahas mengenai aturan-aturan The Long Tail. Sederhananya, dibagi jadi dua:

  1. Make everything available.
  2. Help me find it.

Lalu, dengan polosnya saya menafsirkannya kayak gini. Dikisahkan kalo inventory tidak terbatas, maka masukin aja segala macam barang (keywords) ke dalam marketing kita. Trus, tugas kedua adalah memasarkannya, bisa lewat SEO atau yang laen, yang penting dagangan laku.

Rule #1 – Zero Inventory Cost. Ga begitu mudeng tentang hal ini (lha wong bacanya gak semuanya), tapi pastinya ini ada hubungannya sama barang fisik dan outsourcing. Kalo barang bisa dropshipping atau partnership, sehingga inventory cost minim.

Rule #2 – Crowdsourcing. Membahas tentang web 2.0, dimana kita nggak usah ngisi produk (content), biar orang lain aja yang ngisi (crowdsourcing). Bisa dilihat di iklan baris, lintas berita, digg, technorati atau bahkan review di ciao.com.

Rule #3 – Unfocus. Nggak fokus ke satu grup demografi, melainkan ke semua grup. Kalo ada yang tau, kayaknya mirip bum marketing.

Rule #4 – Microchunking. Pecah semuanya jadi kecil-kecil. Ambil niche tersendiri (kalo artikel di blog ya pecah aja jadi artikel kecil-kecil, jangan panjang-panjang ya).

Rule #5 – Fluid Price. Jadi inget bidding di eBay nih, dimana nggak semua harga sama. Barang yang sama bisa jadi berbeda-beda harganya, tergantung waktu, tempat dan parameter lainnya.

Rule #6 – Ranking Rush. Ini mah kayak pemberian review, rating, dan segala macam meteran lainnya. Semuanya sekarang diukur, nggak ada yang pake perasaan.

Rule #7 – Variasi. Kasih variasi pada produk yang sama. Nggak kayak jadul waktu Ford bilang cuma ada warna item, sekarang bisa belang-belang, coklat, putih, ato warna pelangi pun ada :D

Rule #8 – Pasar Bebas. Disini dijabarin klo kita dah masukin pasar bebas, kalo mau survive: Don’t predict; measure and respond.

Rule #9 – Free for Paid. There’s always catch for free goods. Barang gratisan nggak selamanya bakal gratis. Kalo mau fitur lebih dari yang ada di gratisan, bayar donk.

Posting Menarik Lainnya:

  1. CSS Hack Box Model and Image for IE and Firefox

One Response to “The Long Tail”

  1. Ardian says:

    wew, bukunya sepertinya panjang banget mas :D Opo maneh bahasa inggrisan :( Iso2 mutah2 aku lek moco sakmono…

    wkwkwk

Leave a Reply