Site Speed = Kematian Hosting Murah?

Site SpeedBelakangan saya merasa ada yang janggal dalam Google Webmaster Tools, terutama tentang Site Speed dan kaitannya dengan kematian hosting murah. Entah saya sendiri atau ada teman-teman yang juga merasakan adanya kenaikan signifikan dari crawl stat di bagian Time spent downloading a page (in milliseconds).

Buat yang ngehost di blogspot rasanya tidak terlalu terpengaruh dengan hal ini. Sepertinya perlombaan antara penggunaan CDN semakin berpengaruh terhadap SEO, karena Google menilai site speed juga sebagai kriteria, apalagi adanya rush Google Crawl May Day kemarin yang menjebolkan banyak server di dunia karena gosip yang berkembang, Google upgrade hardware untuk menyaingi Yahoo yang terlebih dahulu invest di teknologi bersama dengan Microsoft.

Beberapa waktu, saya sempat kebingungan ada apa dengan blog ini? Update jarang kok lama bener si mbah downloadnya? :D

Google Webmaster Tools

Untuk visitor sepertinya tidak terlalu berpengaruh, tetapi saya mulai curiga grafik Time spent downloading a page ini bukan hanya download satu file HTML saja, melainkan keseluruhan halaman seperti yang tertera pada add-on Firefox Page Speed!

Ini berarti, Google mulai menghitung waktu download halaman HTML, gambar-gambar, script, apalagi iframe. Sepertinya tidak ada yang bisa lolos dalam hal ini. Apalagi Google juga turut mempertimbangan waktu download bagi user dengan toolbar yang dimiliki oleh Google.

Balik ke grafik.

Perhatikan saat May Day, peak dan penurunan. Penurunan terjadi karena optimasi server dan blog. Anehnya, ini tidak hanya terjadi di blog ini, tapi blog-blog lain yang tersebar di shared hosting lain rupanya juga berpengaruh. Server dengan LiteSpeed pun agaknya mulai terpengaruh dengan aktivitas Google Crawl dan Yahoo Slurp yang semakin menggila, namun belakangan sudah mulai surut.

Plugin-plugin cache juga mulai menggunakan teknik preload cache untuk memberikan static file khusus ke bot search engine, namun ini mungkin akan menjadi kendala kedepannya karena tidak semua bot bisa melakukan aktivitas crawl dengan baik terhadap hasil cache untuk kemudian dimasukkan ke dalam index.

Aktivitas yang mulai mengganggu pikiran saya adalah adanya crawl ke static files yang notabene seharusnya tidak usah ikut dibaca, sehingga mensaturasi jaringan dengan port speed yang rendah. Sudah bukan rahasia lagi, server dengan port speed rendah = murah.

Agaknya mencari hosting murah hanya akan menjadi angan-angan saja.

Dampak buruk lainnya yang mungkin akan terjadi adalah penurunan crawl akibat download page yang lambat. Bagi publisher PPC atau link ad, ini akan menjadi bumerang yang lebih besar karena script juga agaknya didownload oleh Google. Berharap traffic murah? Rupanya ini tidak akan ada lagi.

Pesan moral: Mau survive? Sepertinya kita semua kudu pindah ke Blogspot aja, adem tentrem sejahtera hehehe.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  2. Fakta Dibalik Hosting Murah
  3. Ngetes Performance di Hosting Murah
  4. Off-site Backup dengan S3 Amazon
  5. 4 Tips Mendapat Harga Murah dari Hosting Mahal
  6. Kematian Scraper – Google dan AJAX SERP

Leave a Reply