SEO Sudah Mati? Waktunya Menjadi Publisher PPC

YouTube, LLC
Image via Wikipedia

Apa hubungannya SEO dengan menjadi publisher PPC macam Google Adsense, Adbrite, KlikSaya, KumpulBlogger, dan yang sejenisnya? SEO (Search Engine Optimization) yang telah menjadi primadona selama beberapa tahun dalam bisnis online telah dinyatakan basi dan (akan) mati karena adanya sosial media semacam YouTube dan Digg.

Link akan digantikan dengan voting, dan traffic akan datang secara instan dan dalam waktu yang pendek, lain halnya dengan SEO yang baru bisa ‘terasa’ efeknya setelah beberapa bulan.

Lalu hubungannya SEO dan menjadi publisher PPC?

Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya, SEO (akan) mati dengan adanya sosial media. Apa sih sosial media? Sosial media adalah situs atau layanan yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan satu sama lain dalam bentuk memberikan input, pengaruh, opini, komentar dan feedback.

Karena SEO (bakal) mati, maka mau tidak mau untuk survive di dunia bisnis online, pebisnis harus menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan produk bisnis online-nya. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan PPC (Pay Per Click) untuk mendapatkan traffic yang tepat sasaran. Karena semakin banyak persaingan (karena mereka mulai meninggalkan SEO) untuk memperebutkan high conversion, high profit keyword, maka mau tak mau harga per click – CPC (Cost Per Click) keyword bakal naik dengan tajam, sehingga publisher akan diuntungkan dengan CPC yang semakin tinggi. CPC tinggi = Penghasilan tinggi.

Lalu, apakah SEO bakal mati? Kita lihat saja nanti.

Apakah Anda sudah memulai bisnis online dengan mulai mendaftarkan diri Anda sebagai publisher PPC?