SEO Sudah Mati? Waktunya Menjadi Publisher PPC

YouTube, LLC
Image via Wikipedia

Apa hubungannya SEO dengan menjadi publisher PPC macam Google Adsense, Adbrite, KlikSaya, KumpulBlogger, dan yang sejenisnya? SEO (Search Engine Optimization) yang telah menjadi primadona selama beberapa tahun dalam bisnis online telah dinyatakan basi dan (akan) mati karena adanya sosial media semacam YouTube dan Digg.

Link akan digantikan dengan voting, dan traffic akan datang secara instan dan dalam waktu yang pendek, lain halnya dengan SEO yang baru bisa ‘terasa’ efeknya setelah beberapa bulan.

Lalu hubungannya SEO dan menjadi publisher PPC?

Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya, SEO (akan) mati dengan adanya sosial media. Apa sih sosial media? Sosial media adalah situs atau layanan yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan satu sama lain dalam bentuk memberikan input, pengaruh, opini, komentar dan feedback.

Karena SEO (bakal) mati, maka mau tidak mau untuk survive di dunia bisnis online, pebisnis harus menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan produk bisnis online-nya. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan PPC (Pay Per Click) untuk mendapatkan traffic yang tepat sasaran. Karena semakin banyak persaingan (karena mereka mulai meninggalkan SEO) untuk memperebutkan high conversion, high profit keyword, maka mau tak mau harga per click – CPC (Cost Per Click) keyword bakal naik dengan tajam, sehingga publisher akan diuntungkan dengan CPC yang semakin tinggi. CPC tinggi = Penghasilan tinggi.

Lalu, apakah SEO bakal mati? Kita lihat saja nanti.

Apakah Anda sudah memulai bisnis online dengan mulai mendaftarkan diri Anda sebagai publisher PPC?

Posting Menarik Lainnya:

  1. SEO Sudah Mati, Saatnya Anda Berpartisipasi di Social Media
  2. Blogging Seharusnya Bukan Menjadi Sumber Penghasilan Anda
  3. Kematian SEO Sudah Dekat, Sambutlah Verticalization

10 Responses to “SEO Sudah Mati? Waktunya Menjadi Publisher PPC”

  1. shiro says:

    petromax… seo mati?? wis gak usah kerjo wae…. facebookan wae…

  2. bluegreen says:

    saya kira ndak akan pernah mati selama seluruh search engines masih tetep eksis, karena semua internet user dalam mencari informasi pasti menggunakan search engine,
    PPC hanya merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif (sangat tertarget) klo PPC lokal belum deh

  3. jemmy says:

    @shiro: enakan lek facebookan, gak usah kerjo, tapi tetep dapet duit mas :D
    @bluegreen: lho lha wong search engine udah mulai nerapin social media juga tuh, lihat aja si mbah Google yang udah make voting-voting segala terhadap hasil search resultnya :)

  4. DzN says:

    Walah…
    Sini lage mw bljr SEO, mala didakwa mati SEOny.

    Kayakny slama orang serius menjalani apa yg diinginkan tetep isa bjalan dengan baik deh. Walopun itu didakwa mati sperti SEO. Namun tampakny saya bukan orang seperti itu. Hehehe…

  5. jemmy says:

    @dzn: silakan aja belajar mas, nggak ada yang ngelarang kok. cuma jangan jadikan SEO sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan traffic ke blog Anda :)

  6. SatoNa says:

    thx yaah.. dah mampir.. ^^

    huee.. agak ga ngerti sih hubungannya youtube sama seo..

    tapi kalo menurutku, bukannya PPC gitu malah jarang tepat sasaran yah karena yang kebanyakan ngeakses tuh web khan hanya untuk dibayar?

    tapi kalo sampe PPC bisa naek CPC nya siih.. asik bangeeet..! Hehe..

  7. jemmy says:

    @satona: hehehe, sama-sama mbak. Justru sebaliknya, kalo dipake dengan bener, PPC bisa tepat sasaran. Karena advertiser yang make jadi bertambah untuk keyword tertentu (long tail yang profitable, soalnya SEO udah makin nggak bisa diandalkan), jadinya bidnya tinggi, akibatnya CPC-nya juga kan jadi naik.

  8. vick says:

    Waduh… Gimana nih…. lha wong hampir 85 persen visitor blogku dateng dari SE lho……

  9. jemmy says:

    @vick: sama donk :D saatnya mencari traffic dari tempat yang lain juga :)

  10. [...] siap-siap menerima kenyataan bahwa SEO bakalan mati, seperti yang telah saya kemukakan di artikel SEO sudah mati sebelumnya. Ada 4 poin penting yang harus Anda ketahui untuk strategi SEO Anda di masa mendatang, [...]