Pindah Hosting WordPress (Lagi)

Image representing WordPress as depicted in Cr...
Image via CrunchBase

Akhirnya harus pindah hosting wordpress lagi…setelah mendapat SP2 dari web hosting, ini dah ke 4 kalinya hehehe.

Kapan pindah hosting pertama ya?Oh ya, yang gara-gara makan resource, soalnya numpang hihihi. Trus yang kedua mesti pindah hosting gara-gara kebanyakan makan resource CPU (lagi…), walaupun pake plugin WP-Supercache tetep aja ditendang. Lalu masuk hosting sementara, paling nggak up lagi sebelum cari hosting baru (disini juga habisin CPU load).  Lalu nekat masuk ke hosting murah, setelah beberapa bulan lancar, eh dapet SP2 lagi…kali ini gara-gara maximum connection databasenya nembus limit shared hosting, yah lagi-lagi kalo nggak load CPU yang membludak ya mentok kena di memorynya.

Setelah diliat-liat, semakin banyak posting dan database yang tersimpan, ternyata performa WordPress menjadi jelek banget. Bisa diliat dari tabel-tabel dan query WordPress yang tidak teroptimasi, tanpa index pendukung makin lama makin lambat aja.

Belum lagi ada bug nggak bisa posting. Sekedar informasi, saya telah browsing di internet untuk memperbaiki ini, dan ditemukan bahwa dalam support WordPress ada puluhan orang yang mengalami hal yang sama seperti saya, dan orang WordPress sendiri tidak ada yang muncul. Bug? Pastinya. Anehnya di thread WordPress saya merasa ada yang aneh. Bug ini muncul sejak satu tahun yang lalu dan belum ada bug fixednya sejak WordPress 2.5

Satu lagi bug yang mengganggu adalah nggak bisa digunainnya ajax pada comment, baik untuk approve maupun menghapus. Belum puas, satu lagi bug: tag more yang tiba-tiba hilang dan muncul lagi di WordPress 2.7.1, jadinya kadang-kadang tag more tidak berfungsi.

Pindah hosting WordPress memang pekerjaan yang menyebalkan, apalagi bila harus dilakukan sendiri (kalau nggak gitu kelamaan nunggu orang) sehingga cepet balik lagi. Hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk membuat 3 blog up lagi, semuanya dilakuin secara manual. Kalau Anda nggak suka ribet, ada juga caranya pindah hosting cara mudah sekali.

Propagasi salah satu hal menyebalkan lainnya, soalnya cegukan (bolak balik masuk server lama dan baru waktu masuk ke website) sering terjadi jadinya aktivitas di hosting baru nol seharian.

Sekarang lagi nyobain hosting yang mahal-mahal, semoga nggak terjadi deh keruntuhan bisnis internet gara-gara hosting murah…duh kering di dompet tapi sih. Padahal bisa buat nyicil barang baru nih (maunya hehehe). Saat ini sih aman, hanya saja lagi nembus memory limit lagi wkwkwk, nggak tau dapat SP2 lagi apa nggak. Doain aja nggak ya.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Pindah Hosting Cara Mudah Sekali
  2. Kapan Harus Pindah Hosting?
  3. Upgrade WordPress 2.8.5 (Lagi)
  4. Tips Memilih Web Hosting untuk WordPress
  5. SP2 dari Web Hosting
  6. Susahnya Cari Hosting
  7. Ngetes Performance di Hosting Murah
  8. Pentingnya Memisahkan Hosting dan Domain
  9. 4 Tips Mendapat Harga Murah dari Hosting Mahal
  10. Google Local Search Update – Domain .Com Tidak Lagi Berjaya?

3 Responses to “Pindah Hosting WordPress (Lagi)”

  1. mbahmul says:

    wah, ribet gitu ya pindahan hosting… mmm

  2. shiro says:

    petromaks ga ya..

    pindah nang endi mas?? melu po’o..
    wekku nang HG kabeh yo medeni iki…

  3. [...] dicatat bahwa optimasi ini saya lakukan baik pada sisi server maupun pada client. Semoga tidak pindah hosting WordPress (lagi) dan selingkuh ke lain hati lagi. Amin. Jangan terbuai dengan WordPress Magazine Theme yang [...]

Leave a Reply