Pesan Tersembunyi American Ultra 2015

american ultra 2015Malem minggu kemaren saya nonton film American Ultra, sebuah film action (is it?) di tahun 2015. Mayoritas penonton akan menganggap film ini adalah film action dengan tingkat kekerasan yang cukup mengagetkan karena di bioskop memiliki rating Dewasa. Bila dibandingkan dengan film yang juga turut ditayang di bioskop seperti The Last Witch Hunt yang dibintangin Vin Diesel sang aktor Fast and Furious, maka film American Ultra cenderung sepi peminat walaupun cukup banyak aktor kawakan yang membintangi film ini. Kristen Steward sepertinya tidak bisa mendongkrak film ini karena mungkin penonton beranggapan bahwa film ini akan bergenre sama seperti serial Twilight, yaitu romantis.

Anehnya, walaupun diputar di hari Sabtu, kehadiran Kristen Steward seharusnya memberikan daya magnet tersendiri untuk pasangan-pasangan muda yang berpacaran di malam minggu. Namun tidak, bahkan ada yang bawa anak-anak untuk nonton film ini walau ada adegan yang cukup mengerikan untuk ditonton anak-anak.

Resensi American Ultra 2015

Mike dikisahkan adalah seorang pemuda yang sangat kacau, apapun yang dikerjakannya akan membuahkan kekacauan. Seperti banyak pasangan lainnya, penulis sepertinya memberikan efek Yin/Yang kepada pemain film ini, dengan Phoebe yang dibintangi oleh Kristen Steward sebagai sisi Terang dan Mike adalah sisi Gelap.

Tagline American Ultra yang menyatakan “Everyone’s Getting Smoked” juga terpapar di film ini, adegan merokok ganja, ledakan, pembunuhan dan mercon adalah efek “smoked” yang dibicarakan. Walau demikian, Mike memiliki pekerjaan tetap sebagai kasir di sebuah supermarket, kontras dengan perangainya yang chaotic…seolah ingin memberikan clue untuk penontonnya agar berpikir. Mike memiliki seorang pacar bernama Phoebe, dan diceritakan pada kesempatan tersebut Mike selalu ingin melamar Phoebe dengan menyimpan uang untuk membelikan sebuah cincin tapi tidak pernah kesampaian.

Pada suatu hari, CIA tiba-tiba ingin membunuh Mike…entah apa sebabnya, dan seorang agen CIA yang dikatakan pernah memberikan training kepada Mike “mengaktifkan” Mike agar menjalankan operasinya. Mike akhirnya seperti Matrix, bisa menguasai bela diri dan membunuh agen-agen CIA yang ingin membunuhnya. Pemburuan dilakukan sampai hingga seluruh kota dievakuasi dan diberitakan bahwa Mike terkena virus rabies kera.

Pada akhirnya, happy ending terjadi. Mike dan Phoebe hidup, dan yang jahat mati…apakah benar demikian?

Analisa Pesan Tersembunyi American Ultra 2015

Saat awal menonton film ini, saya mengira bahwa film ini berkisah tentang Chaos dan Order, seperti Joker dan Batman…tapi ternyata tidak.

Saya berkesimpulan bahwa film ini menceritakan tentang pengalaman orang yang sedang mengalami gangguan jiwa. Berikut adalah alasan menurut versi saya, boleh setuju atau tidak terserah Anda hehehe.

Ada tiga pemeran yang penting: Mike, Phoebe, dan Adrian Yates. Kemunculan karakter ini juga sesuai dengan konsep Freud, Id-Ego-Superego

Mike adalah Id, Phoebe adalah Ego, dan Yates adalah Superego.

id-ego-superego

Mike sebagai Id, telah banyak tercecer clue-nya di filmnya, yaitu: dia kacau, terlalu mengandalkan nafsu, narkoba, senang-senang. Simbol Kera Apollo juga menyiratkan karakter Id, dimana kera tidak memiliki kesadaran seperti manusia dan Apollo adalah dewa Yunani yang dikisahkan selalu terlihat muda, gagah perkasa dan tidak bijaksana. Jenggot adalah simbol kebijaksanaan seperti halnya dewa Zeus, tapi Apollo tidak memiliki jenggot. Bertolak belakang dengan filmnya dengan operasi Wiseman yang pada kenyataannya kebalik.

Phoebe adalah Ego, dimana ia berperan menjembatani antara Id dan Superego. Ini sangat jelas ketika Phoebe mengakui bahwa dirinya adalah pohon yang menghentikan laju mobil yang kencang, yaitu Mike. Phoebe bertindak rasional, tercermin saat Mike dikurung di bawah tanah bandar narkoba yang mengisahkan simbol bahwa Mike sedang ngefly karena narkoba. Mike tidak ingin keluar, tapi Phoebe mencari-cari jalan supaya bisa keluar.

Id adalah naluri bertahan hidup, bila Id mati maka ketiganya akan mati.

Yates adalah Superego, mencerminkan aturan sosial, norma, agama, dll. Intinya adalah aturan yang berlaku di masyarakat. Superego akan menekan Id supaya tidak liar dan menuruti aturan yang berlaku di masyarakat.

Victoria Lasseter adalah kesadaran (watchman), simbol ini banyak disebutkan di film dengan selalu menjaga Mike. Awalnya saya mengira ini adalah sosok Tuhan, tapi akhirnya tidak karena di akhir cerita harus tunduk pada sistem dan menjaga Mike dan Phoebe dalam operasi rahasia di sebuah tempat (Cina?)

Krueger adalah sistem yang berlaku di masyarakat, demokrasi…karena pada akhirnya perangnya dengan orang Cina, yang seringkali dikaitkan dengan paham sosialis.

Laugher adalah obat penenang (represi), dimana seringkali diberikan pada pasien sakit jiwa untuk menenangkan pikirannya.

Jadi, seluruh karakter sebenarnya adalah mencerminkan satu orang yang sedang berjuang melawan gangguan jiwanya. Pada akhir cerita, Mike juga dikisahkan mati, karena sudah ditembak di kepala oleh Laugher dan simbol berjalan menuju cahaya. Ada simbol Kristen dengan Mike yang tertusuk di tangannya, menandakan salib dan menuju cahaya adalah diangkat ke surga, dan Mike yang memberikan cincin tapi langsung diinterupsi.

Kesimpulan

Sepertinya saya sedikit banyak terpengaruh pada Clockwork Orange, tapi film ini kebalikannya. American Ultra menceritakan sebuah institusi yang menekan perangai liar Id yang kelewatan batas dengan memprogram (clockwork). Disimbolkan dengan Mike yang memiliki pekerjaan tetap dan dapat menyimpan uang untuk membeli cincin pernikahan. Hal yang tidak mungkin dilakukan pada orang yang hanya mementingkan nafsu dan tidak memiliki visi masa depan.

Jadi setelah Mike diaktifkan, ini menyimbolkan kebebasan…orang tidak lagi ditekan oleh clockwork (program) tapi bebas untuk bertindak apa saja. Tapi dengan demikian tragedi dimulai…karena si kera Apollo tidak dibatasi oleh apapun.

Film ini adalah kisah tragis, bukanlah kisah romantis seperti kebanyakan orang kira. Orang yang disimbolkan dalam film ini bunuh diri karena sudah terpisah dari Ego dan Superego. Id sendiri tidak akan bisa menghadapi ganasnya dunia realita yang tidak memiliki makna. Albert Camus pengusung paham Absudism mengatakan bahwa dunia ini tidak ada artinya, dan manusia punya tiga opsi untuk menjalani hidup, yaitu dengan bunuh diri, delusi, dan menjalani apa adanya.

American Ultra menceritakan opsi pertama, yaitu bunuh diri.

Nggak ada yang menarik.

Leave a Reply