Paksaan Untuk Beradaptasi

AdWords database structure
Image by niallkennedy via Flickr

Kadangkala, sebuah paksaan memang diperlukan dalam memulai bisnis online, karena pembelajaran yang paling cepat bakal didapatkan dengan cara DIPAKSAKAN. Keluar dari zona kenyamanan, seperti yang saya alami baru-baru ini. Berusaha keluar dari zona kenyamanan memang tidak mudah, karena diperlukan banyak pertimbangan dan kalkulasi bisnis. Jangan-jangan tidak profitable, rugi, atau buang-buang waktu saja. Pikiran-pikiran semacam ini selalu menghantui dalam berbisnis online.

Seperti cerita-cerita saya sebelumnya mengenai sandbox, kepindahan hosting, optimasi website, coba-coba bisnis online lain, dsb…semuanya butuh modal, waktu, tenaga yang kadang-kadang tidak sebanding dengan hasilnya. Contohnya saja, waktu pertama kali beli domain di freshdrop untuk tujuan backlink, eh ternyata domain tersebut telah diban oleh Google. Terpaksa deh diparkir. Dari sana saya sudah dapat 2 ilmu sekaligus, yaitu membeli expired domain seharga $20 (rugi) dan parkir domain (untung sih tapi sedikit banget).

Terakhir, optimasi website karena alasan biaya hosting. Ternyata memang banyak ilmu yang bisa didapatkan dari paman Google mengenai optimasi MySQL, Apache, website, WordPress, dan optimasi loading website secara keseluruhan. Ini sengaja dilakukan karena ketidakmampuan saya untuk membayar hosting yang melebihi budget bulanan saya untuk hosting itu sendiri. Belum lagi harus bayar tagihan internet, listrik, air, makan, transport, dll.

Satu hal yang saya ambil dari sini, yaitu proses pembelajar yang paling cepat dan baik adalah berdasarkan pengalaman. Orang lain bisa bilang itu tidak bisa dilakukan, coba dulu apa salahnya. Toh kalau memang gagal dilakukan Anda pasti mendapatkan pelajaran berharga dari eksperimen Anda.

Jadi, paksakan diri Anda untuk keluar dari zona kenyamanan Anda. Bila Anda masih nyaman memakai blogspot untuk meraih dollar, saatnya keluar dari sana dan beli hosting dan gunakan WordPress walau Anda belum bisa memakainya. Sudah mencoba PPC? Coba yang lain. Sisihkan keuntungan dari bisnis online untuk mendapatkan uang dari sumber yang lain.

Don’t put all your eggs on one basket.