Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

memilih nama domainOrang-orang yang memulai bisnis online pastinya nggak jauh-jauh dari domain. Memilih nama domain untuk bisnis Anda, khususnya nama domain yang tepat membutuhkan riset dan kerja keras (khususnya bila Anda berpikir untuk meng-SEO domain name Anda). Artikel berikut akan berusaha memaparkan tips-tips seputar pemilihan nama domain untuk bisnis, diharapkan Anda tidak perlu bingung-bingung lagi dalam memilih nama domain.

Pertama-tama, Anda harus menjawab pertanyaan berikut:

Apakah nama domain saya akan menjadi brand / merek bisnis yang harus diingat pelanggan Anda?

Jika Ya, maka beli nama domain dengan nama brand / merek dagang bisnis Anda. Misalnya: majumundur.com dsb. Namun bila Anda tidak mempunyai merek / brand / isi website Anda akan campur aduk, ada baiknya Anda memilih nama domain yang mencerminkan isi website Anda. Pilih nama domain dengan 2-3 kata yang menggambarkan bisnis Anda. Lebih dari 3 kata biasanya kurang efektif karena kurang mudah diingat.

Apakah harus memilih nama domain dengan keyword yang dituju?

Misalnya, Anda menjual sepatu maka nama domain yang sesuai dengan keyword Anda adalah sepatubaru.com, sepatubagus.com dst. Pemilihan nama domain dengan keyword memang bisa menjadi pilihan Anda dalam mencari nama domain yang sesuai, asalkan tidak terlalu panjang. Jangan lupa untuk memilih nama domain dengan keyword lokal bila Anda ingin memanfaatkan local search di search engine bila Anda hanya melayani daerah tertentu, misalnya: sepatubarusurabaya.com.

Underline _ atau dash – ?

Lebih baik bila dempet tanpa ada simbol-simbol penghubung. Namun bila tidak tersedia, Anda bisa gunakan domain dengan dash (misalnya sepatu-baru.com).

Dot com, dot net, dot info?

.com selalu menjadi pilihan nama domain yang terbaik, diikuti oleh .net, .org. Sebaiknya hindari penggunaan .info karena selain terkesan murahan (tahun pertama hanya $1), kebanyakan cenderung dianggap spam oleh search engine (lagi-lagi karena murahnya itu).

Dimana membeli domain?

Anda bisa gunakan layanan web hosting (sekaligus membeli hosting untuk website Anda – jangan salah membeli hosting mahal) atau bisa gunakan penyedia layanan registrasi domain seperti NameCheap dan GoDaddy.

Berapa harganya?

Untuk .com biasanya dipatok $9.95 dan dapat bisa lebih murah bila menggunakan kupon. Anda bisa juga beli domain murah di ebay (bila Anda memiliki waktu dan tenaga untuk memantau bid di ebay).

Cara pembayaran?

Biasanya bila Anda membeli domain dari web hosting lokal, mereka menyediakan cara pembayaran melalui transfer bank, tapi ada juga yang menawarkan untuk pembayaran domain dengan PayPal.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  2. Tips Memilih Web Hosting untuk WordPress
  3. Membeli Domain dengan Paypal
  4. Budgeting Untuk Bisnis Baru
  5. Kupon Domain Murah Namecheap $8.81
  6. Pentingnya Memisahkan Hosting dan Domain
  7. Beli Domain Murah Di eBay
  8. Hati-hati Memilih Keyword
  9. Jangan Mau Rugi dalam Bisnis Online!
  10. Google Makin Genit, Waspadai Keyword Website Anda

4 Responses to “Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda”

  1. indon says:

    yup, memilih nama domain gampang-gampang susah, karena umumnya nama yang diincar sudah diambil orang lain. Jadi yg dibutuhkan adalah kreatifitas (misalnya menambahkan angka pada nama yang dituju), atau kalau punya rejeki berlebih, beli domain yang diincar jika kebetulan dijual

    salam kenal

  2. jemmy says:

    @indon: pendapat saya, sebaiknya tidak beli nama domain dengan angka didalamnya, karena disamping susah diingat, juga kurang bagus untuk kepentingan SEO

  3. Bintangweb says:

    Kata ahli, jangan pake dash, ngotorin url saja.

  4. jemmy says:

    @bintangweb: ah kata ahli siapa?

Leave a Reply