Manfaat Facebook Bagi Pelajar Bisnis Online

Cewek Cantik FacebookSaya salah satu yang skeptis mengenai perkembangan situs jejaring sosial Facebook. Bisa dipastikan bahwa saya juga menganggap bahwa manfaat Facebook bagi pelajar bisnis online seperti saya ini adalah minim sekali. Kenapa saya sebut begitu?

Sebenarnya ini mungkin berkaitan dengan kemalasan saya dalam menggunakan Facebook untuk bersosialisasi sehingga manfaat yang saya dapatkan hampir tidak kelihatan.

Buat pelajar sekolah, baik di bangku SD, SMP, atau SMU yang lagi seneng-senengnya kenalan sama lain jenis (wah jadi teringat masa lalu nih saat dikejar-kejar wanita hahaha), adanya FB ini menjadi angin segar buat arjuna-arjuna yang lagi mencari cinta. Buat apalagi kalau nggak buat kenalan dengan cewek atau gebetan di dunia maya dan berharap bisa kopi darat dan berlanjut ke jenjang yang lebih dekat lagi.

Selain dating, kegunaan Facebook memang sebenarnya untuk bersosialisasi, dimana kita bisa bertemu dengan orang dan mengetahui perkembangan apa yang terjadi, berita terbaru dan pastinya untuk menjalin silaturahmi.

Tapi untuk bisnis online? Manfaat dari facebook bisa dikatakan hanya untuk branding dan sekedar announcement atau iklan. Sama halnya dengan iklan TV, facebook hanya berperan sebagai medium perantara antara pedagang dan pelanggan dan sangat minim sekali untuk bisa terjadi transaksi (IMHO lho).

Ada yang punya pengalaman lain dan mengambil hikmah dan manfaat face book? Tentunya selain mendapat kencan dan kenalan baru tentunya.