Keuntungan Tuning Database

Keuntungan Tuning DatabaseBelakangan posting blog ini seputar MySQL. Apa sih keuntungan tuning database? Buat yang nggak memiliki skill database, mungkin nggak berguna untuk mengetahui kegunaannya, tapi buat DBA atau yang pegang server sendiri pastinya bakal menggenjot kecepatan database ke tingkat yang maksimal. Betul nggak?

Sebenarnya keuntungan tuning database bisa didapatkan bila Anda udah melakukan optimasi terhadap banyak parameter di dalam database.

Parameter yang bisa diubek-ubek antara lain seputar config / setting start up database, mempercepat query, index, struktur tabel, konsep basis data, dsb. Nah, dengan tuning MySQL, diharapkan server akan merespon dengan cepat dengan sedikit resource yang dikorbankan (prinsip ekonomi). Bahkan optimasi kadang kala mengabaikan struktur dalam sistem basis data normalisasi. Bahkan tabel dibuat sengaja nggak normal buat ngedapetin kecepatan yang diinginkan.

Tapi buat yang punya banyak duit, lebih mudah upgrade hardware dengan nambah RAM dan/atau core processor…pasti lebih cepat dah gak perlu pusing-pusing belajar MySQL dan tetek bengek lainnya 😛