Kelemahan Bisnis Online

Kelemahan Bisnis OnlineKalau bahas kelebihan bisnis online, pasti banyak yang bisa. Nah, kalau kelemahan bisnis online? Ternyata, selain memiliki banyak peluang dan kelebihan, membangun bisnis online juga tidak gampang dan banyak kelemahannya. Apa saja kelemahan bisnis online ini, dan bagaimana cara menyiasatinya?

Pertama, pastinya butuh modal. Namanya juga bisnis, bisnis online juga butuh modal. Lalu apa yang Anda cari, bisnis online dengan modal kecil atau bisnis online dengan modal besar? Bila Anda baru memulai bisnis online, pastinya jangan mulai dengan modal yang besar, karena disini Anda diharapkan untuk banyak belajar bisnis online sehingga nggak kaget bila ternyata bisnis online juga ada ruginya.

Modal yang utama pastinya adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih tergolong mahal. Kalau mau yang murah, masuk aja ke warnet pada jam-jam nggak efektif kerja seperti jam malam (jam 10-an keatas), biasanya ada paket murah meriah berjam-jam yang bisa Anda nikmati. Pergunakan paket-paket khusus tersebut untuk bisnis online Anda. Atau bila Anda mau berkorban sedikit, pasang ADSL di rumah Anda (seperti speedy, dsb). Yang penting nggak dial-up 😛

Kelemahan #1: Koneksi Internet yang Mahal. Siasati dengan memanfaatkan promo-promo di pasaran.

Kedua, modal uang. Anda butuh modal berupa uang untuk membangun kerajaan bisnis online Anda. Entah itu domain, hosting, biaya kursus, dsb. Ini bisa sih diasati, tapi memang tidak mudah. Anda bisa menggunakan domain gratisan seperti co.cc, hosting gratisan di freehostia.com atau di blogspot.com.

Sayang ini harus dibarengi dengan ketidakefektifan dan motivasi Anda untuk balik modal. Pengalaman saya sih, kalau domain dan hosting gratisan saya cenderung tidak terlalu banyak merawatnya, dikarenakan tidak ada biaya yang dikeluarkan sehingga motivasi rendah. Saya bisa katakan tidak efektif karena untuk hosting dan domain gratisan kita kurang dapat mengontrol apapun, sehingga bila misalnya domain atau hosting kita dihapus, maka kita tidak memiliki kekuatan apa-apa. Modal dengkul, ke laut aje 😛

Untuk biaya kursus dan pembelajaran bisnis online, sebaiknya Anda juga menyisihkan tabungan Anda untuk mengikuti kursus atau pelatihan bisnis online, karena ini akan mempercepat proses pembelajaran Anda dibandingkan bila Anda membaca blog bisnis online seperti blog ini (hehehe).

Kelemahan #2: Biaya yang tidak murah. Siasat? Perbaiki mindset bisnis online Anda. Sisihkan tabungan Anda. Minimalkan resiko, jangan mau rugi dalam bisnis online. Modal dengkul hasilnya juga dengkul.

Ketiga, modal ilmu. Modal ini yang paling lama diperoleh dan paling intens harus Anda lakukan, dari mulai pembayaran dengan payment processor, riset keyword, menghindari jebakan search engine, pengoperasian domain dan hosting, SEO, content, traffic, maintenance, backup dan restore, sebaiknya Anda bisa lakukan sendiri daripada menunggu orang lain untuk melakukannya untuk Anda. Kenapa? Untuk mempercepat dan mengurangi biaya yang sebenarnya tidak terlalu penting. Masalahnya adalah, tidak banyak kursus atau pelatihan yang ada di pasaran yang mengajarkan secara praktis berbisnis online.Usahakan mencari kursus yang bisa langsung bertanya dan berhadapan dengan trainer Anda sehingga jawaban yang Anda peroleh tidak bias (tentunya juga Anda akan merasakan kepuasan batin).

Selalu lakukan eksperimen dengan mengacu pada literatur dan pengalaman orang lain yang telah sukses. Belajarlah dari yang sudah sukses (Jangan tanya saya, saya belum sukses…jangan lupa kalau nama blog ini juga memulai bisnis online).

Kelemahan #3: Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online. Jangan ngeyel sama yang sudah sukses.

Berikutnya adalah yang paling penting. Banyak pebisnis internet yang mengatakan bahwa mereka pertama kali mengembangkan bisnis online dengan menghabiskan banyak waktu di depan komputer, bahkan bisa lebih banyak daripada bekerja kantoran. Bila Anda ingin menghindari ini, beli dan gunakan sistem yang telah digunakan oleh pebisnis online yang sudah sukses, lakukan action plan yang ada tanpa banyak mengeluh. Jangan sampai salah memilih kucing dalam karung, selalu tanya pendapat orang lain terlebih dahulu yang telah membeli sebelum Anda membeli produk bisnis internet tersebut. Kuncinya adalah pengalaman, lama-lama bisnis online akan seperti mengendarai sepeda.

Kelemahan #4: Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.

Yang terakhir, jangan sampai kuper. Tetap baca koran, majalah, nonton TV, dan hang out bersama temen. Jangan hangout hanya di game online atau facebook donk. Kuper is not cool. Nggak lucu kan kalau lagi bicara sama orang topiknya bisnis online mulu. Get a life.

Kelemahan #5: Kuper is not cool. Jangan lupa terapkan ilmu anti kuper dan anti mati gaya.

PS: Bacaan diatas hanyalah pengalaman pribadi penulis dalam memulai bisnis online. Tidak ada garansi apapun untuk menjadi sukses di bisnis online (wong saya sendiri belum sukses kok).