Kelemahan Bisnis Online

Kelemahan Bisnis OnlineKalau bahas kelebihan bisnis online, pasti banyak yang bisa. Nah, kalau kelemahan bisnis online? Ternyata, selain memiliki banyak peluang dan kelebihan, membangun bisnis online juga tidak gampang dan banyak kelemahannya. Apa saja kelemahan bisnis online ini, dan bagaimana cara menyiasatinya?

Pertama, pastinya butuh modal. Namanya juga bisnis, bisnis online juga butuh modal. Lalu apa yang Anda cari, bisnis online dengan modal kecil atau bisnis online dengan modal besar? Bila Anda baru memulai bisnis online, pastinya jangan mulai dengan modal yang besar, karena disini Anda diharapkan untuk banyak belajar bisnis online sehingga nggak kaget bila ternyata bisnis online juga ada ruginya.

Modal yang utama pastinya adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih tergolong mahal. Kalau mau yang murah, masuk aja ke warnet pada jam-jam nggak efektif kerja seperti jam malam (jam 10-an keatas), biasanya ada paket murah meriah berjam-jam yang bisa Anda nikmati. Pergunakan paket-paket khusus tersebut untuk bisnis online Anda. Atau bila Anda mau berkorban sedikit, pasang ADSL di rumah Anda (seperti speedy, dsb). Yang penting nggak dial-up :P

Kelemahan #1: Koneksi Internet yang Mahal. Siasati dengan memanfaatkan promo-promo di pasaran.

Kedua, modal uang. Anda butuh modal berupa uang untuk membangun kerajaan bisnis online Anda. Entah itu domain, hosting, biaya kursus, dsb. Ini bisa sih diasati, tapi memang tidak mudah. Anda bisa menggunakan domain gratisan seperti co.cc, hosting gratisan di freehostia.com atau di blogspot.com.

Sayang ini harus dibarengi dengan ketidakefektifan dan motivasi Anda untuk balik modal. Pengalaman saya sih, kalau domain dan hosting gratisan saya cenderung tidak terlalu banyak merawatnya, dikarenakan tidak ada biaya yang dikeluarkan sehingga motivasi rendah. Saya bisa katakan tidak efektif karena untuk hosting dan domain gratisan kita kurang dapat mengontrol apapun, sehingga bila misalnya domain atau hosting kita dihapus, maka kita tidak memiliki kekuatan apa-apa. Modal dengkul, ke laut aje :P

Untuk biaya kursus dan pembelajaran bisnis online, sebaiknya Anda juga menyisihkan tabungan Anda untuk mengikuti kursus atau pelatihan bisnis online, karena ini akan mempercepat proses pembelajaran Anda dibandingkan bila Anda membaca blog bisnis online seperti blog ini (hehehe).

Kelemahan #2: Biaya yang tidak murah. Siasat? Perbaiki mindset bisnis online Anda. Sisihkan tabungan Anda. Minimalkan resiko, jangan mau rugi dalam bisnis online. Modal dengkul hasilnya juga dengkul.

Ketiga, modal ilmu. Modal ini yang paling lama diperoleh dan paling intens harus Anda lakukan, dari mulai pembayaran dengan payment processor, riset keyword, menghindari jebakan search engine, pengoperasian domain dan hosting, SEO, content, traffic, maintenance, backup dan restore, sebaiknya Anda bisa lakukan sendiri daripada menunggu orang lain untuk melakukannya untuk Anda. Kenapa? Untuk mempercepat dan mengurangi biaya yang sebenarnya tidak terlalu penting. Masalahnya adalah, tidak banyak kursus atau pelatihan yang ada di pasaran yang mengajarkan secara praktis berbisnis online.Usahakan mencari kursus yang bisa langsung bertanya dan berhadapan dengan trainer Anda sehingga jawaban yang Anda peroleh tidak bias (tentunya juga Anda akan merasakan kepuasan batin).

Selalu lakukan eksperimen dengan mengacu pada literatur dan pengalaman orang lain yang telah sukses. Belajarlah dari yang sudah sukses (Jangan tanya saya, saya belum sukses…jangan lupa kalau nama blog ini juga memulai bisnis online).

Kelemahan #3: Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online. Jangan ngeyel sama yang sudah sukses.

Berikutnya adalah yang paling penting. Banyak pebisnis internet yang mengatakan bahwa mereka pertama kali mengembangkan bisnis online dengan menghabiskan banyak waktu di depan komputer, bahkan bisa lebih banyak daripada bekerja kantoran. Bila Anda ingin menghindari ini, beli dan gunakan sistem yang telah digunakan oleh pebisnis online yang sudah sukses, lakukan action plan yang ada tanpa banyak mengeluh. Jangan sampai salah memilih kucing dalam karung, selalu tanya pendapat orang lain terlebih dahulu yang telah membeli sebelum Anda membeli produk bisnis internet tersebut. Kuncinya adalah pengalaman, lama-lama bisnis online akan seperti mengendarai sepeda.

Kelemahan #4: Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.

Yang terakhir, jangan sampai kuper. Tetap baca koran, majalah, nonton TV, dan hang out bersama temen. Jangan hangout hanya di game online atau facebook donk. Kuper is not cool. Nggak lucu kan kalau lagi bicara sama orang topiknya bisnis online mulu. Get a life.

Kelemahan #5: Kuper is not cool. Jangan lupa terapkan ilmu anti kuper dan anti mati gaya.

PS: Bacaan diatas hanyalah pengalaman pribadi penulis dalam memulai bisnis online. Tidak ada garansi apapun untuk menjadi sukses di bisnis online (wong saya sendiri belum sukses kok).

Posting Menarik Lainnya:

  1. Jangan Mau Rugi dalam Bisnis Online!
  2. Jangan Ngeyel Kalau Mau Sukses di Bisnis Online
  3. Memulai Bisnis Online, Rahasianya Ada Disini!
  4. Memulai Bisnis Online Dengan Mindset Yang Benar
  5. Kreativitas Dalam Bisnis Online
  6. Refleksi Bisnis Online: Woman’s Heart
  7. Keyword Bisnis Online Makin Populer
  8. Perkalian Matematika dalam Bisnis Online
  9. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  10. Konsep Motivasi Dasar Bisnis Online

24 Responses to “Kelemahan Bisnis Online”

  1. Lutfi says:

    Baiknya sih punya dobel, bisnis online & offline :-)

  2. jemmy says:

    @lutfi: yup. don’t put all your eggs in one basket :D

  3. munawar am says:

    lengkap banget analisisnya
    don’t put all your eggs in one basket : seperti pernah membaca di ebook blogger pro..

  4. jemmy says:

    @munawaram: iya mas, selalu inovasi atau mati hehehe :)

  5. pelot says:

    Yang terakhir, jangan sampai kuper. Tetap baca koran, majalah, nonton TV, dan hang out bersama temen. Jangan hangout hanya di game online atau facebook donk. Kuper is not cool. Nggak lucu kan kalau lagi bicara sama orang topiknya bisnis online mulu. Get a life.

    yang ini nih perlu di perhatiin….:D

  6. siip analisanya mas jem.. eh jemmy :)
    kalo udah punya guru online kasih bocoran dong siape..
    mau dong aku ikut beguru..
    menurut mas jemmy, bisnis online apaan yang paling cepet ngasilin duit bos??
    salam..

  7. jemmy says:

    @mengaisdollar: hehehe guru saya banyak mas, kalo disebutin satu-satu ga cukup ntar :P coba baca satu-satu postingnya, saya kasih bocoran kok disana :)
    kalo bisnis online yang paling cepet sih mungkin PPC kali ya, tinggal klik aja dapet duit, tapi saya juga belum pernah coba (karena males ngeklik-ngeklik) :D

  8. jemmy says:

    @pelot: betul mas jangan sampai kuper :D

  9. untuk yang num 2. jadi suatu fenomena yah… kalau internet marketing sekarang jadi suatu hal yang banyak dicari dan berharga mahal

  10. buJaNG says:

    Wah ternyata memang semua itu ada kekurangan dan kelebihannya ya…

  11. Jepun says:

    offline dan online sama2 butuh kerja keras.

  12. jemmy says:

    @jepun: namanya juga kerja :)

  13. harus berusaha

    semamngat

  14. Modal no#1 bisa disiasati dengan
    1. memanfaatkan koneksi gratis di kantor/skolah/kampus. Pake aja mulai dr pagi sore/malem. Sukur2 kl sabtu minggu mo make internet juga. Use it as maximum as you can.
    2. Ajak temen/pacar/sodara ato sapa aja yg punya laptop ke tempat2 yg tersedia free hotspot. Biarkan mrk maenan slama 15-20 menit stlh itu kudeta laptop tsb dan manfaatkan semaksimal mungkin…

    Intinya mah jangan malu ehehehehe….

  15. jemmy says:

    @brandal surga: Pengalaman saya sabtu minggu malah rame koneksi internet di tempat umum seperti warnet dll karena banyak anak-anak sekolah yang ikutan make. Mungkin bisa dicoba pada hari-hari biasa. Yang no 2 gokil…trus yang bayarin minum di free hotspotnya siapa coba? :P

  16. Anton says:

    Sip tipnya … akan saya coba …. makasih … salam kenal

  17. sepakat ama yang namanya anti mati gaya :)

  18. Diah says:

    makasih mas jemmy
    jadi mesti selalu update dan update informasi ..
    point2-nya ok banget

  19. Ulasan yang bagus banget … akan saya implementasikan … salam kenal

  20. Siip buangee..tt..! Artikelnya mas. Buat saya yg baru belajar buat blog keluarga harmonis , ini merupakan saran yg bagus.
    Mas saya baru utak atik blog, tolong kasih saran kritik dan solusinya dunk..!
    Skrg ja saya br bljr buat link komentar di web mas.
    Klw gagal senyum ja ya mas..!
    Saya skrg pake domain gratisan, he2..!
    Please… sarannya mas!

  21. jemmy says:

    @eka: saran saya sih nggak usah ngasih link di komentar, soalnya keliatan nyepam mas, mending masukin linknya di input website pada isian komentar. domain gratisan ataupun tidak pun sama-sama, bedanya cuman di motivasi dan fleksibilitas aja kok.

  22. Reza Fauzi says:

    ternyata ada juga ya kelemahan bisnis online, hehe :D

  23. aLe says:

    Wew, mantab tipsnya, *ctrl + d* ;)

  24. Doyan Duit says:

    Kebayakan netter Indonesia maunya yang gratisan tapi menghasilkan, bondo dengkul dapat dengkul cari gratisan dapat yang gratisan alias gak ada hasil, bisnis online sebenarnya gak jauh beda dengan offline yang membedakan hanya medianya saja tapi kalau disinergikan hasilnya juga bagus tinggal pandai2nya kita mensinergikan keduanya.

Leave a Reply