Kapan Harus Pindah Hosting?

Extreme Sport Event
Image by Sanfora Free Photographer via Flickr

Apa Anda mulai bingung menentukan apakah sudah saatnya untuk pindah web hosting yang selama ini menemani Anda dalam suka dan duka dalam bisnis online Anda? Kepindahan hosting akan memakan waktu, pikiran, dan juga tenaga Anda, sehingga sebaiknya Anda memikirkan masak-masak terlebih dahulu mengenai hal-hal yang mendasar kapan Anda harus pindah hosting.

Jadi, kapan harus pindah hosting?

Berikut adalah panduan praktis untuk menentukan apakah Anda memang harus pindah hosting atau belum:

  1. Kalau website Anda belum juga terindex di Google padahal sudah 1 bulanan Anda mengisi website Anda. Anda bisa baca alasan kenapa harus pindah hosting terkait dengan index Google disini.
  2. Kalau bandwidth yang Anda pakai sudah mencapai lebih dari 20GB. Kenapa segini? Karena bila Anda pemakai hosting di Indonesia, pastinya bandwidth sekian Anda harus mengeluarkan kocek hingga lebih dari seratus ribu sebulannya. Lebih baik Anda pindah ke hosting luar negeri, karena selain lebih murah, bandwidth tidak akan menjadi masalah dengan harga yang sama. Lagipula, support relatif lebih baik daripada hosting dalam negeri.
  3. Bila space yang Anda pakai lebih dari 500MB. Alasannya seperti no #2, segera pindah.
  4. Bila Anda muak dengan kinerja server. Kalau website Anda sering down, padahal Anda memberikan layanan kepada ribuan pelanggan setiap harinya. Down sehari, ribuan pelanggan melayang.
  5. Kalau Anda muak dengan support web hosting. Ini bisa terjadi bila Anda sering bertanya dan harus selalu melalui ticket dan lama respon menjawabnya (>=1 hari).

Bila Anda baru saja memulai bisnis online, mungkin perlu juga untuk mempertimbangkan ke-5 faktor diatas. Anda bisa mencari halaman testimoni terlebih dahulu (namun biasanya dimoderasi dan tidak menampilkan kejelekan/kekurangan web hosting yang bersangkutan), atau Anda bisa browsing ke blogger yang telah memakai layanan web hosting tersebut untuk mendapatkan second opinion.

Panduan kepindahan hosting ini tidaklah mutlak dan murni berdasarkan pengalaman saya. Bila ada yang mau menambahkan, silakan memberikan komentar Anda…

Posting Menarik Lainnya:

  1. Pindah Hosting Cara Mudah Sekali
  2. Pindah Hosting WordPress (Lagi)
  3. Tips on Choosing Best Web Hosting Company for Your Online Business
  4. SP2 dari Web Hosting
  5. Kapan Dapat Pengunjung?
  6. 4 Tips Mendapat Harga Murah dari Hosting Mahal
  7. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  8. Susahnya Cari Hosting
  9. Hosting Failover pun Bisa Fail
  10. Ngetes Performance di Hosting Murah

14 Responses to “Kapan Harus Pindah Hosting?”

  1. Danta says:

    Iya nih.. niatnya mau pindah/upgrade kalo poin di atas emang dah harus dipenuhi, selain itu mau cari yang mySQL databasenya unlimited

  2. jemmy says:

    @buchin: hehehe kapan tuh dibenerin itgossipsnya, masa under construction mulu?
    @danta: yup betul, kadang hosting juga ada yang terbatas ya mysql nya

  3. uwinarno says:

    Thansk sharingnya Mas Jemmy..

  4. jemmy says:

    @uwinarno: sama-sama mas, semoga bermanfaat :)

  5. tips yang bagus. makasih. Lagi nyari2 hosting yg yang lain. Kalau rumahweb menurut Mas Jemmy, bagaimana??

  6. jemmy says:

    @konsultasi kesehatan: Kalau dari referensi di forum-forum, kayaknya rumahweb oke juga, dari pingnya juga oke kalau untuk server IIX. Tapi saya belum coba sih, rencananya memang mau coba lagi satu hosting IIX lagi, dan rumahweb juga masuk nominasi saya :D

  7. adams says:

    Saya sudah menggunakan rumahweb lebih dari 3 tahun. Aksesnya luar biasa bagus dan cepat untuk IIX. Hanya saja beberapa bulan ini sering kendala di script web saya, dengan tidak sengaja mereply order lewat script web kami itu menyebabkan mail bommber katanya. Proses reply ini sudah saya lakukan sejak 3 tahun lalu dan tidak masalah namun baru tahun ini bermasalah. Padahal mereply order pelanggan hanya ke 1 email tujuan saja namun hasilnya mereply ke 1 email dengan pesan sangat banyak yang terulang2, alhasil ini menyebabkan web saya selalu di Frezze untuk folder public_html nya dan saya tidak bisa buka website ataupun mengedit cpanel. Apakah saya musti ganti script toko online yang saya pakai? saya rasa tidak! karena saya capek dengan apa yang sudah saya input dan kelola selama ini.
    Nah yang saya kurang senang adalah Pelayanan teknisnya, responnya cepat namun hasilnya lambat, dengan permasalahan saya diatas tadi itu sudah 2 kali terjadi dengan ketidaksengajaan saya mereply (sengaja sih saya lakukan karena dengan layanan reply order di script web ini kita bisa kontak langsung dengan pelanggan0 dan bukan melakukan spam layaknya mail boomber, namun dikategorikan spam!
    Lebih dari 2×24 jam sejak pesan ini ditulis tetap tidak ada respon dan hasil dari sana. Bolak-balik saya email tidak ada jawaban. Hanya cs nya saja via YM yang menjawab dengan oke oke saja namun tidak diberitahu kenapa dan kapan akan tuntas masalah saya ini.
    Yah diatas sekedar informasi saja bahwasanya Poin untuk pindah hosting bisa saja seperti saya ini, saya berencana akan beralih ke hosting lain yang sudah saya kenal dan terjamin servicenya. karena saya punya satu hosting lagi di tempat lain sana dan sangat memuaskan.
    Namun sayang sekali saya baru saja melakukan perpanjangan domain dan hosting selama 1 tahun bulan maret kemarin. Kenapa kejadian ini enggak dari kemarin2 ajah yah…
    Order jadi sepi nih gara-gara hosting kita yang tidak bersahabat.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama selama ini dengan rumahweb. Mudah2an pelayanan dan teknisnya lebih ditingkatkan.

  8. jemmy says:

    @adams: ikut prihatin dengan kejadian ini. saya juga barusan ditendang tuh sama hosting IIX wkwkwk…akhirnya ya istirahat dulu dan terpaksa beli hosting baru :) untungnya saya hanya per bulan billingnya (sengaja menghindari hal semacam itu terjadi).

  9. elminor says:

    Betel yang dikatakan mas adam saya memakai rumah web sering sekali tidak bisa diakses muncul 500 interal error,sehingga sulit diakses oleh google. saya minta saran apa web hosting indonesia yang bagus?

  10. jemmy says:

    @elminor: Lihat dulu di webmaster tool, apakah banyak timeout disana? bila memang iya, ada dua kemungkinan: hosting Anda bandwidth luar negerinya kecil sekali sehingga susah diakses google, dan hosting Anda sering down.
    Mengenai hosting Indonesia yang bagus terus terang saya belum bisa memberi rekomendasi, karena saya hanya sekali memakai hosting Indonesia, yaitu MWN. Kalau untuk traffic kecil dengan memakai WordPress saya yakin aman-aman aja disana. Kalau yang lain saya kurang tahu, tapi ada beberapa teman yang merekomendasikan jagoan hosting (IDC) dan ard hosting.

  11. elminor says:

    webmaster tool pake apa?maaf masih newbie

  12. jemmy says:

    @elminor: Wah bakal panjang kalo dijelasin di komentar. Masuk aja ke http://google.com/webmastertools lalu daftar. Masukin sitemap disana. Nanti beberapa hari akan ada hasilnya. Lihat aja di URLs timed out, kalo banyak banget yang keluar berarti memang hostingnya bermasalah.

  13. elminor says:

    ok mas jemmy terima kasih buat solusinya.

Leave a Reply