Kapan Harus Pindah Hosting?

Extreme Sport Event
Image by Sanfora Free Photographer via Flickr

Apa Anda mulai bingung menentukan apakah sudah saatnya untuk pindah web hosting yang selama ini menemani Anda dalam suka dan duka dalam bisnis online Anda? Kepindahan hosting akan memakan waktu, pikiran, dan juga tenaga Anda, sehingga sebaiknya Anda memikirkan masak-masak terlebih dahulu mengenai hal-hal yang mendasar kapan Anda harus pindah hosting.

Jadi, kapan harus pindah hosting?

Berikut adalah panduan praktis untuk menentukan apakah Anda memang harus pindah hosting atau belum:

  1. Kalau website Anda belum juga terindex di Google padahal sudah 1 bulanan Anda mengisi website Anda. Anda bisa baca alasan kenapa harus pindah hosting terkait dengan index Google disini.
  2. Kalau bandwidth yang Anda pakai sudah mencapai lebih dari 20GB. Kenapa segini? Karena bila Anda pemakai hosting di Indonesia, pastinya bandwidth sekian Anda harus mengeluarkan kocek hingga lebih dari seratus ribu sebulannya. Lebih baik Anda pindah ke hosting luar negeri, karena selain lebih murah, bandwidth tidak akan menjadi masalah dengan harga yang sama. Lagipula, support relatif lebih baik daripada hosting dalam negeri.
  3. Bila space yang Anda pakai lebih dari 500MB. Alasannya seperti no #2, segera pindah.
  4. Bila Anda muak dengan kinerja server. Kalau website Anda sering down, padahal Anda memberikan layanan kepada ribuan pelanggan setiap harinya. Down sehari, ribuan pelanggan melayang.
  5. Kalau Anda muak dengan support web hosting. Ini bisa terjadi bila Anda sering bertanya dan harus selalu melalui ticket dan lama respon menjawabnya (>=1 hari).

Bila Anda baru saja memulai bisnis online, mungkin perlu juga untuk mempertimbangkan ke-5 faktor diatas. Anda bisa mencari halaman testimoni terlebih dahulu (namun biasanya dimoderasi dan tidak menampilkan kejelekan/kekurangan web hosting yang bersangkutan), atau Anda bisa browsing ke blogger yang telah memakai layanan web hosting tersebut untuk mendapatkan second opinion.

Panduan kepindahan hosting ini tidaklah mutlak dan murni berdasarkan pengalaman saya. Bila ada yang mau menambahkan, silakan memberikan komentar Anda…