Kapan Dapat Pengunjung?

Image via Wikipedia

Apakah Anda seperti saya, yang tidak sabaran untuk segera mendapatkan pengunjung yang melimpah, segera memonetisasi dan mengubah pengunjung menjadi uang? Artikel ini berusaha menjawab pertanyaan seringkali dilontarkan oleh seorang yang baru memulai bisnis online. Faktor waktu ini sangat penting dalam bisnis internet, karena Anda telah mengeluarkan modal untuk hosting, domain, tenaga dan waktu untuk melakukan maintenance terhadap website maupun blog Anda.

Apapun bisnis Anda, bila menyangkut bisnis online, mau tidak mau Anda harus terpenjara dalam sel kecil yang bernama waktu bila menyangkut mendapatkan pengunjung. Kecuali bila Anda melakukan cara instan dalam mendapatkan traffic seperti beriklan di PPC, Adwords, atau membeli traffic, mendapatkan pengunjung tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi bila Anda mengandalkan traffic dari search engine (SEO). Berikut adalah sebagian rahasia bisnis online yang saya ketahui yang akan saya bagi untuk Anda.

Berapa lama sih untuk mendapatkan traffic yang melimpah dari Search Engine?

  1. Tergantung dari niche yang Anda tuju. Timeline startup standard untuk Anda yang baru memulai bisnis online adalah 6 bulan untuk mulai melihat hasil yang kentara. Bila tergolong niche yang mudah dan tidak banyak pesaing, mungkin hanya beberapa bulan. Tapi bila pesaing Anda cukup banyak, maka Anda bisa mengharapkan mendapatkan rangking di search engine dan traffic mulai berhamburan ke website / blog Anda dalam waktu 6-12 bulan. Bagaimana bila pesaing Anda pemain kelas kakap seperti perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan jasa SEO? Mungkin Anda harus ekstra kerja keras dan mengharapkan hasil dalam waktu 1-5 tahun.
  2. Tergantung dari content yang Anda punya. Bila Anda melibatkan spamming dan duplicate content daripada original content untuk memulai bisnis online, mungkin Anda bisa mendapatkan penalti dari search engine dan bahkan tidak akan mendapatkan ranking di search engine.
  3. Tergantung dari index website Anda. Bila Anda telah diban atau tidak terindex search engine karena alasan-alasan tertentu, maka bisa saja Anda tidak akan mendapatkan traffic dari search engine. Alasan ini bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kesalahan memilih web hosting.
  4. Tergantung dari usaha Anda. Bila Anda hanya duduk-duduk saja tanpa melakukan promosi, maka jangan harap mendapat traffic.
  5. Tergantung seberapa keras kepalanya Anda. Bila telah banyak senior bisnis online yang mengatakan kepada Anda untuk tidak mengharapkan hasil instan, tapi Anda tetap ngotot dan ngeyel, bisa jadi Anda selamanya tidak akan mendapat traffic dari search engine. Jangan ngeyel kalau mau sukses di bisnis online!

PS: Artikel ini hanya merupakan opini pribadi dengan berdasarkan pengalaman penulis serta dialog dengan senior-senior bisnis online yang telah mapan berbisnis online.

Ada yang mau menambahkan?