Kapan Dapat Pengunjung?

Image via Wikipedia

Apakah Anda seperti saya, yang tidak sabaran untuk segera mendapatkan pengunjung yang melimpah, segera memonetisasi dan mengubah pengunjung menjadi uang? Artikel ini berusaha menjawab pertanyaan seringkali dilontarkan oleh seorang yang baru memulai bisnis online. Faktor waktu ini sangat penting dalam bisnis internet, karena Anda telah mengeluarkan modal untuk hosting, domain, tenaga dan waktu untuk melakukan maintenance terhadap website maupun blog Anda.

Apapun bisnis Anda, bila menyangkut bisnis online, mau tidak mau Anda harus terpenjara dalam sel kecil yang bernama waktu bila menyangkut mendapatkan pengunjung. Kecuali bila Anda melakukan cara instan dalam mendapatkan traffic seperti beriklan di PPC, Adwords, atau membeli traffic, mendapatkan pengunjung tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi bila Anda mengandalkan traffic dari search engine (SEO). Berikut adalah sebagian rahasia bisnis online yang saya ketahui yang akan saya bagi untuk Anda.

Berapa lama sih untuk mendapatkan traffic yang melimpah dari Search Engine?

  1. Tergantung dari niche yang Anda tuju. Timeline startup standard untuk Anda yang baru memulai bisnis online adalah 6 bulan untuk mulai melihat hasil yang kentara. Bila tergolong niche yang mudah dan tidak banyak pesaing, mungkin hanya beberapa bulan. Tapi bila pesaing Anda cukup banyak, maka Anda bisa mengharapkan mendapatkan rangking di search engine dan traffic mulai berhamburan ke website / blog Anda dalam waktu 6-12 bulan. Bagaimana bila pesaing Anda pemain kelas kakap seperti perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan jasa SEO? Mungkin Anda harus ekstra kerja keras dan mengharapkan hasil dalam waktu 1-5 tahun.
  2. Tergantung dari content yang Anda punya. Bila Anda melibatkan spamming dan duplicate content daripada original content untuk memulai bisnis online, mungkin Anda bisa mendapatkan penalti dari search engine dan bahkan tidak akan mendapatkan ranking di search engine.
  3. Tergantung dari index website Anda. Bila Anda telah diban atau tidak terindex search engine karena alasan-alasan tertentu, maka bisa saja Anda tidak akan mendapatkan traffic dari search engine. Alasan ini bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kesalahan memilih web hosting.
  4. Tergantung dari usaha Anda. Bila Anda hanya duduk-duduk saja tanpa melakukan promosi, maka jangan harap mendapat traffic.
  5. Tergantung seberapa keras kepalanya Anda. Bila telah banyak senior bisnis online yang mengatakan kepada Anda untuk tidak mengharapkan hasil instan, tapi Anda tetap ngotot dan ngeyel, bisa jadi Anda selamanya tidak akan mendapat traffic dari search engine. Jangan ngeyel kalau mau sukses di bisnis online!

PS: Artikel ini hanya merupakan opini pribadi dengan berdasarkan pengalaman penulis serta dialog dengan senior-senior bisnis online yang telah mapan berbisnis online.

Ada yang mau menambahkan?

Posting Menarik Lainnya:

  1. Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Pesaing
  2. Budgeting Untuk Bisnis Baru
  3. Kapan Harus Pindah Hosting?
  4. 3 Kunci Eksistensi Website
  5. Kematian Scraper – Google dan AJAX SERP
  6. Duluan Mana? Telur atau Ayam?
  7. Poligami dan Poliandri dalam Islam
  8. Eksistensialisme
  9. Antara Konten Yang Unik, SEO, dan Traffic (Free Ebook)
  10. Kembali ke Sekolah

12 Responses to “Kapan Dapat Pengunjung?”

  1. Buchin says:

    HIhihi.. semangat bos..

  2. jemmy says:

    @buchin: hehehe iya mas :)

  3. Khay says:

    Lom pernah nyoba, bisnis apaan siy bro? Jual barang via inet gitu? Walah saya ini kok buta sekali ya bro… *mohon ‘melekkan’ mata saya* nanti iklannya saya klik dech…

  4. jemmy says:

    @khay: macam-macam mas kalau mau berbisnis di internet, silakan lihat artikel saya yang lain ya :)

  5. suryani says:

    trimakasih artikelnya mas jemmy, saya termasuk nekad belajar bisnis online, sudah bayar domain yg aku beri nama “asal” coz ga tau kalau ternyata nama domain itu tidak dapat diganti :-d..udah terlanjur keluar duit,waktu, pikiran,dan energi. Jadi kalau pas lagi down, dan mengingat semua pengorbanan itu kok jadi sayaang ya rasanya bila mundur. Berani keluar duit untuk bisnis online ternyata menjadi salah satu motivasi juga buat terus maju. (sok tau banget ya :-d)

  6. jemmy says:

    @suryani: Betul mbak, jangan mundur…Asal tahu timelinenya dan bisa mengukur kemampuan sendiri, pasti bisa kok. Semangat :)

  7. natashanet says:

    bagus tuh artikelnya..hehehe..gaya penyajiannya nyentrik..yaks…iya tuh masalah traffic emang gampang2 susah ya..teorinya gampang prakteknya susah…
    kunjungi web saya juga ya..dan share ilmu trafficnya dikomen blog saya ya…

  8. jemmy says:

    @natashanet: terimakasih :) prakteknya emang bikin pusing hehehe

  9. [...] murah, apalagi bila Anda ingin mendapatkan pengunjung hanya dari SEO, Anda harus siap-siap rugi dan menunggu 6-12 bulan baru mendapatkan hasil yang optimal. Bisnis modal dengkul? Hasilnya juga dengkul. Sebarkan [...]

  10. [...] memulai bisnis online masih mencari-cari tools meningkatkan traffic. Entah bingung, nggak sabaran kapan dapat pengunjung karena sulitnya mencari traffic murah, atau karena mindset bisnis internet yang masih belum benar, [...]

  11. Madrosi says:

    Salam kenal dari saya. Sungguh luar biasa artikel yang mas Jemmy tuliskan di blog ini. Ini merupakan media belajar buat saya yang memang masih baru dalam mempelajari dan mengenal apa itu bisnis online. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena sudah menemukan blog punya mas Jemmy ini. Kalo boleh saya bertanya, Bagaimana ya mas untuk memperbagus blog yang saya miliki? dan bisa menyenagkan para neter untuk mengunjunginya? Terima kasih sebelumnya atas jawaban dari mas Jemmy.

  12. jemmy says:

    @madrosi: Blog tidak harus bagus, tapi yang pasti harus bikin betah pengunjungnya. Yang paling mudah adalah memberikan informasi yang bermanfaat dan yang memang dicari pengunjung Anda. Dengan dua hal tersebut, maka blog yang jelek sekalipun dari segi desain akan menjadi bagus. Coba lihat techcrunch.com, desainnya jelek kan? Tapi pengunjungnya konon bisa mencapai >1 juta per hari.

Leave a Reply