Jangan Ngeyel Kalau Mau Sukses di Bisnis Online

Mr Stripes
Image by fofurasfelinas via Flickr

Udah baca semua teori tentang memulai bisnis online? Bagus! Punya semua ebook (bajakan?) tentang bisnis online? Bagus! Trus kapan Anda mau memulai bisnis online kalau cuman baca atau ngunduh ebook mulu?

Kalau Anda mau memulai bisnis online dengan benar, saya sarankan untuk jangan ngeyel. Terutama bila Anda beruntung diajari oleh orang yang sudah berpengalaman dan sudah memulai bisnis online jauh sebelum Anda menginjakkan kaki di belantara dunia internet.

Kenapa?

Toh Anda sudah mengerti, paham, dan hapal tentang bisnis online. Mengerti, paham, dan hapal bukan berarti Anda sendiri sudah pernah mengalami bisnis online, jatuh bangunnya, suka dukanya, dan segala macam halangan dan rintangan yang menghadang di setiap kesempatan.

Teori, teori dan teori. Para pebisnis online sudah mengerti dan bahkan mengakar daging. Jangan ngeyel. Mereka pun sudah tahu apa yang Anda tahu. Mereka pun sudah pernah apa yang Anda alami.

Dengarkan, tanya seperlunya, dan lakukan! Hanya 3 langkah ini saja yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Tidak ada langkah tentang ngeyel.

Ngeyel berarti Anda tidak percaya. Kalau Anda tidak percaya, kenapa harus memulai bisnis online? Apakah Anda tidak percaya bila bisnis online bisa menghasilkan uang? Atau Anda hanya kritis? Mungkin tidak pada tempatnya karena para senior bisnis online tidak memiliki banyak waktu untuk melayani debat Anda.

Jangan ngeyel kalau mau sukses di bisnis online.