Jangan Harap Mendapat Ilmu Secara Gratis!

Image via Wikipedia

Ya, jangan pernah berharap mendapat ilmu memulai bisnis online secara gratis! Ilmu ini tidak gratis, dan tidak mudah untuk diajarkan apalagi dipindah-tangankan. Berpikir untuk memulai bisnis online? Coba pikir masak-masak terlebih dahulu. Anda harus memiliki pengetahuan seperti dibawah ini sebelum berharap dapat memulai bisnis online dengan benar.

Genderang perang ini dimulai dengan adanya copy-paste dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab terhadap blog-blog tutorial, dan merangkumnya menjadi sebuah produk, entah itu sebuah buku atau produk digital dan menjualnya atas nama pribadi dengan tidak menyertakan sumber, menjadikannya sebuah komoditi tanpa mengindahkan hak cipta penulis aslinya. Akhirnya, blog tutorial pun bakal mati di bumi pertiwi.

Berkaitan dengan matinya blog-blog tutorial, mungkin juga karena terkena dampak krisis moneter yang terus berkepanjangan atau karena kejenuhan penulisnya, maka kebanyakan penulis blog tutorial mulai beralih ke sisi profit-oriented, alias memasuki area berbayar.

Banyak hal positif yang membelakangi hal ini, dimana masyarakat awam juga semakin disadarkan, bahwa ilmu mengenai internet marketing tidak mudah didapat, dan semakin menjaga eksistensi bisnis online sebagai bisnis yang high-requirement, high-risk, high-return, dan geek-alert. Ini membawa dampak semakin menjamurnya produk-produk digital dalam negeri, baik yang berupa abal-abal maupun yang memang benar-benar menghasilkan. Ini karena adanya high demand tapi low supply dalam bisnis online, khususnya dalam negeri.

Saya sendiri menyadari, bahwa ilmu bisnis online ini tidak gratis, banyak hal yang harus dikorbankan, entah itu berupa materi dan non-materi. Dan biasanya, ilmu yang berbayar bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Hanya saja bila kita tahu yang mana yang benar menghasilkan dan mana yang tidak. Itu akan jadi topik bahasan selanjutnya. Mengenai ilmu bisnis online, saya harap pembaca memahami bahwa ilmu bisnis online tidak bisa didapatkan secara gratis.

Sayang sekali bila Anda berpikir internet adalah pusat perpustakaan raksasa yang berisikan ilmu gratisan.

PS: Ada satu hal yang pasti bisa Anda dapatkan secara gratis: berita.