Jangan Asal Terjun ke Bisnis Internet

Image via ToonPool.com

Image via ToonPool.com

Anda pasti sering melihat iklan-iklan di internet, baik melalui media PPC, banner, atau dari forum dan mailing list yang mengajak Anda untuk terjun ke bisnis online, entah dengan membeli sebuah produk buku, ebook, atau produk jasa yang menjanjikan ROI yang sangat besar dengan modal yang sangat kecil.

Namun, seperti halnya bisnis offline, Anda dihadapkan berbagai kendala, seperti besarnya modal, kemampuan dan keahlian yang Anda miliki, dan potensi keuntungan yang didapat.

Lalu bagaimana cara untuk tidak “tertipu” dengan rayu manis para “salesman” yang bertebaran dimana-mana yang menggoda Anda untuk segera memulai dan meraup keuntungan fantastis?

Ada 3 hal yang perlu Anda periksa sebelum terjun ke bisnis internet:

1. Sadari kemampuan modal yang Anda miliki
Bisnis online, khususnya yang berkaitan dengan bisnis dari rumah pasti membutuhkan modal, entah itu waktu Anda atau uang Anda. Bila Anda tidak bersedia untuk berkorban untuk memadai modal yang dibutuhkan, saya sarankan untuk tidak mengerjakannya.

Berhutang? Boleh saja, tapi hanya pada orang terdekat seperti keluarga atau pasangan Anda bila Anda baru saja memulai dan belum memiliki pengalaman apapun.

2. Buat daftar kemampuan dan keahlian Anda secara khusus
Apakah Anda suka menulis? Anda bisa membuat desain logo atau template web? Daftarkan kemampuan dan keahlian yang khusus Anda miliki dan Anda yakin bisa mengerjakan lebih baik dari orang lain. Ini bertujuan untuk melihat gambaran secara utuh apakah bisnis internet yang ditawarkan sesuai dengan Anda atau tidak.

3. Pelajari potensi keuntungan yang ditawarkan
Sama halnya dengan bisnis offline, bisnis online pun memiliki potensi keuntungan yang luar biasa, yang biasanya juga tergantung dengan sebesar modal dan kemampuan apa yang Anda miliki.

Sebagai contoh, bisnis warnet biasanya bisa balik modal dalam waktu 2 tahun atau kurang, tergantung besarnya modal dan kemampuan bisnis Anda. Sedangkan bisnis yang lebih kecil modalnya seperti bisnis nasi goreng keliling mungkin bisa mengembalikan modal Anda hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Jangan asal percaya pada iming-iming pengembalian modal berlipat-lipat hanya dalam waktu sekejap.

Bisnis dari rumah, khususnya untuk menghasilkan uang dari Internet memang terbukti menghasilkan seperti apa yang dikatakan orang kepada Anda, namun jangan asal terjun. Persiapkan matang-matang bisnis online apa yang sesuai dengan Anda, dan lakukan!

Posting Menarik Lainnya:

  1. Jangan Mau Rugi dalam Bisnis Online!
  2. Resolusi Bisnis Internet 2009
  3. Bisnis Online Adalah Seperti Mengendarai Sepeda
  4. Memulai Bisnis Online Dengan Mindset Yang Benar
  5. Jangan Ngeyel Kalau Mau Sukses di Bisnis Online
  6. Keruntuhan Bisnis Internet Berawal dari Webhosting Murahan
  7. Memulai Bisnis Online, Rahasianya Ada Disini!
  8. Budgeting Untuk Bisnis Baru
  9. Kelemahan Bisnis Online
  10. Keyword Bisnis Online Makin Populer

6 Responses to “Jangan Asal Terjun ke Bisnis Internet”

  1. adit says:

    yup.. sales ternyata tidak hanya di dunia offline aja.. ternyata di dunia maya juga banyak banget sales yang bertebaran dimana2.. termasuk di blog saya :)

  2. jemmy says:

    @adit: betul sekali mas, di dunia maya pun sekarang dijadikan media untuk berpromosi yang efektif selain di dunia offline :)

  3. Anawia says:

    Bgs blognya mas jemmi. Blh g’ sy belajar sm mas. Sy pengin blajaar serius. Kalau bs bls via email yah.

  4. jemmy says:

    @anawia: silakan mas belajar disini aja, silakan baca-baca dulu sebelum memulai bisnis online yang beneran :D nanti kalau sudah mantap baru jalani

  5. bagoes says:

    salam sukses buat pembaca serta rekan netter sekalian,sblnya saya mohon maaf kepada penulis dan rekan2 sekalian,saya minta pendapat dari rekan2 sekalian,saya mempunyai modal yang relatif kecil hanya 500 Ribu rupiah,bisnis apa yang cocok saya jalankan? maaf saya hanya ingin bisnis offline dan bukan bisnis pulsa,mungkin anda tau silahkan email saya di bagoes86@ymail.com / Hp sy 081366834390,terima kasih

  6. jemmy says:

    @bagoes: maaf mas, tapi off topik nih…kalo yang masih nyambung sama bisnis online adalah toko online. modalnya cuma koneksi internet, hosting dan domain modal nggak sampai 500rb kok.

Leave a Reply