Hati-hati Memilih Keyword

Image via cartoonstock.com

Image via cartoonstock.com

Anda mungkin telah mengetahui bahwa memilih keyword s*x dan p*rn* bisa meningkatkan traffic (pengunjung), artinya banyak pengunjung yang akan datang ke blog Anda. Namun tahukah Anda bahwa keyword harus dipilih dengan hati-hati, karena beberapa hal yang bahkan dapat merugikan Anda daripada menguntungkan Anda sendiri.

Keefektifan keyword s*x dan p*rn* memang tidak dapat diragukan lagi, begitu banyak blog-blog “sampah” (blog yang tidak relevan dengan topik yang sedang dicari) yang bertebaran dimana-mana bermain-main api dengan Google, demi mendapatkan secuil traffic dari top keyword yang sangat populer tersebut.

Khususnya di Indonesia, saya menemukan bahwa keyword list yang populer yang terus-menerus ada (hot trend) selalu berada di posisi teratas trend. Anda bisa memeriksa keyword statistic itu sendiri di Google Insight. Bisa dilihat dari sana, bahwa keyword p*rn* menempati urutan ke-10, yaitu b*g*l.

Sebentar, tapi tahukah Anda, bahwa meskipun menempati urutan ke 10, bahkan urutan pertamapun akan mengandung keyword p*rn* lainnya, coba Anda lihat dua frase yang mengandung kata di urutan pertama. Bisa dipastikan Anda akan mendapati beberapa keyword p*rn*.

Jadi benar, bahwa keyword ini termasuk populer dan bisa mendatangkan traffic yang melimpah dari search engine. Namun, setelah bereksperimen dengan hal ini (ya, benar saya juga telah mencobanya) beberapa waktu lalu, saya mendapati bahwa hampir seluruh pengunjung blog saya tidak berkualitas. Artinya, mereka hanya sekedar mampir dan browsing disana-sini tanpa membaca ataupun menuju affiliasi, banner, ataupun klik pada iklan saya, dikarenakan pengunjung tidak mendapatkan apa yang mereka cari.

Paling tidak kan ada orang yang berkunjung ke blog.

Bila Anda memakai web hosting gratisan, silakan saja. Tidak ada yang akan melarang Anda. Namun, bila Anda ingin serius memulai bisnis online, saya sarankan untuk tidak memilih atau pun posting artikel yang mengandung keyword ini.

Alasan kenapa saya menyarankan Anda untuk hati-hati memilih keyword melakukan keyword research:

  1. Nol konversi atau sedikit sekali konversi. Tidak ada konversi, tidak ada uang.
  2. Menambah cost pada web hosting Anda. Bila web hosting anda bukan web hosting murahan, Anda pastinya ingin secepatnya balik modal. Namun bila tidak ada konversi pada situs Anda, yang Ada malah menambah cost, karena yang pasti traffic yang tinggi membutuhkan bandwidth besar.
  3. Membuang-buang waktu Anda karena dua poin diatas.
  4. Menyebabkan reputasi Anda hancur. Bayangkan bila situs perusahaan mendapatkan rangking yang tinggi di Google untuk keyword p*rn*.

Kesimpulannya: Untuk blog pribadi tidak ada yang akan menghentikan Anda untuk menembak keyword apapun. Tapi bila Anda mengelolanya secara profesional, sebaiknya Anda mulai berhati-hati dalam memilih keyword. Lalu bagaimana cara memilih keyword yang benar? Itu akan jadi bahasan topik blog memulai bisnis online ini selanjutnya.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda
  2. Riset Keyword dengan NicheBot
  3. Selingkuh Ke Lain Hati
  4. Google Makin Genit, Waspadai Keyword Website Anda
  5. Laporan Riset Keyword dengan NicheBot – WordTracker Keywords Tool
  6. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  7. Analisa Keyword dengan 103Bees – Intro
  8. Cara Mencari Keyword Paling Dicari
  9. Keyword Bisnis Online Makin Populer
  10. Tips Memilih Web Hosting untuk WordPress

6 Responses to “Hati-hati Memilih Keyword”

  1. petromax bos yesssssss
    percuma nembak keyword bos.
    bounce rate kecill
    :D

  2. jemmy says:

    @masbuchin: hehehe tergantung apa yang ditembak lah mas :P

  3. mamas86 says:

    Matur tengkyu atas infonya. Saya sekali pake keyword semisal p***o dan memang luar biasa berhasil. Cuma setelah saya pikir-pikir ga asik ah masa tenar gara2 yang seperti itu.

  4. jemmy says:

    @mamas86: betul sekali :)

  5. [...] hati-hati dengan riset keyword Anda. Bisa jadi keyword yang Anda pilih jadi biang sandbox. Sandbox lagi, sandbox lagi, bosen ah. Sebarkan artikel [...]

  6. adin says:

    mayoritas pengunjung blog saya juga datang dari searching google menggunakan keyword2 tersebut, padahal blog saya bukan situs p*rn*…

Leave a Reply