Google PR Dihapus Dari Webmaster Tools

Google PRGoogle PR akhirnya dihapus dari Webmaster Tools. Kalau sebelumnya Anda bisa melihat distribusi PageRank disana, sekarang udah nggak ada lagi. Banyak yang melihatnya sebagai bencana, karena bila rencana Google untuk menghapuskan PR benar-benar terjadi, banyak yang berbisnis di ladang Paid Review akan terpaksa gulung tikar.

Google PR update yang lama belakangan ini sudah disinyalir oleh banyak orang bahwa ada apa-apa dengan search engine yang satu ini. Entah bagaimana nanti dengan nasib Google PR Checker yang udah banyak berjamur untuk membantu blogger-blogger memeriksa jumlah PR yang dimiliki situsnya, dan bahkan mengkalkulasi valid tidaknya PageRank yang dimiliki.

Google PageRank memang tidak berhubungan langsung dengan ranking SERP, namun PR merupakan salah satu indikator penting tidaknya situs tersebut di mata Google. Bila tidak ada indikator ini, apalah penggantinya? Apakah Alexa yang bakal menggantikan Google PR? Seperti kita ketahui bahwa untuk mendapatkan PR yang tinggi, backlink yang dimiliki haruslah dari situs ber-PR lebih tinggi.

Dengan terhapusnya PR, mungkin akan semakin banyak spekulan yang dengan terpaksa harus pindah haluan ke bisnis lain dengan hasil yang cepat, spamming. Dengan tidak adanya PR, maka satu indikator yang masih berjalan adalah traffic. Sudah bukan rahasia lagi kalau untuk mendapatkan traffic instan adalah dengan melakukan spamming keyword dan melancarkan jurus blackhat.