Google Local Search Update – Domain .Com Tidak Lagi Berjaya?

.com domainKayaknya untuk update selanjutnya, google local search update di Caffeine yang akan diluncurkan, domain .com tidak lagi akan berjaya di kancah internasional karena Google mulai mengaplikasikan relevansi local search dan verticalization. Matt Cutts, pujangga (atau selebritis ya) Google sendiri sudah menjajal di google.co.uk (pilot project?!) dan memberikan kesempatan untuk mendebat dengan webmaster di blognya disini sebelum benar-benar merilis update.

Ini akan semakin membuat sulit bagi yang ingin mendominasi search engine, dan bukan nggak mungkin keyword yang biasanya muncul nggak akan muncul lagi dari negara-negara lain. Contohnya, pada blog Matt Cutts, diberitakan bahwa pencarian di google.co.uk akan banyak muncul domain .co.uk dibandingkan .com. Padahal semestinya, relevansi tidak hanya dikhususkan pada domain semata, buktinya banyak .com yang mengirimkan barangnya ke UK. Tapi ini mungkin menjadi salah satu kriteria Google dalam rangking SERP yang terbarunya.

Yang jadi masalah, mungkin akan banyak webmaster yang ngerasain traffic yang agak berkurang dengan dirilisnya Caffeine dibandingkan dengan sebelumnya karena SERP di negara lain jeblok 😛

Saatnya menembak pasar lokal.