Gerakan You Comment I Follow

Dengan ini saya meresmikan MasJemmy.Com untuk mendukung gerakan U Comment I Follow yang dipopulerkan oleh Randa Clay. Apa itu U Comment I Follow? Secara sederhana, gerakan ini adalah untuk membangun silaturahmi antar blogger dengan memberikan komentar atas artikel-artikel yang dituliskan.

Selain itu, gerakan ini juga mendukung aktivitas link building, yang juga berpengaruh terhadap beberapa aspek, antara lain adalah Google PR yang biasanya dipakai sebagai penentu kecepatan terindex di google dan sebagai standardisasi monetisasi seperti paid review dan pemasangan iklan-iklan di blog (selain faktor lainnya).

Secara default, biasanya komentar blog akan dipastikan memiliki atribut nofollow. Ini berarti link blog yang diisikan pengunjung pada saat memberikan komentar tidak akan dikunjungi oleh search engine, yang pada akhirnya tidak dihitung sebagai backlink ke blog Anda.

Kenapa mesti nofollow?

Ada beberapa alasana mengapa nofollow diciptakan. Yang paling pasti yaitu untuk mencegah spam. Walau telah memasang plugin Akismet (pada WordPress) untuk mengganjal spam, namun tetap saja aktivitas ini tetap ada, karena itulah atribut nofollow diberlakukan untuk mencegah spam. Namun hal ini menjadikan pengunjung blog malas berkomentar (terutama untuk berkomentar secara cerdas dan berkualitas) karena tahu bahwa link tidak akan dihitung (oleh Google).

Kenapa mesti dofollow?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dofollow akan menjadikan pengunjung rela berkomentar secara cerdas dan membangun. Selain itu, gerakan ini juga dapat mendisiplinkan Anda untuk membaca komentar dari pengunjung blog Anda dan secara aktif membalas komentar tersebut di blog mereka dan mendapatkan backlink berkualitas yang mendukung aktivitas SEO untuk meningkatkan link popularity blog Anda di mata search engine.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengubah atribut nofollow menjadi dofollow. Untuk blog wordpress (hosting sendiri), silakan menggunakan plugin dofollow, sedangkan untuk blog di blogspot, baca tutorialnya disini.

UPDATE: Karena artikel di jackbook.com tidak ditemukan, maka tutorial saya ganti ke blog lainnya.