Free is a Lie

free-energy-lieFree is a lie. Gratisan itu bohong. Barusan ditawari sejumlah fasilitas gratis dari bank. Tapi karena saya nggak percaya dengan barang gratisan, makanya saya tolak halus. Bukan apa-apa, tapi karena cewek yang nelpon jadi kudu halus jaga perasaannya ceileee.

Gratisan akan memberikan efek ada udang dibalik batu, entah apa itu tapi pasti ada jebakan lain yang menunggu. Pada dunia kapitalisme, gratis itu tidak berwujud, tapi akan berwujud pada waktunya…dalam bentuk berbayar.

Kencing aja bayar, apalagi yang ga bayar ya? Ane jadi inget video ini, yang mengisahkan bagaimana Google, Facebook, dan perusahaan kapitalis besar lainnya memanfaatkan gratisan. Mereka memberikan akses gratis ke layanannya, tentu saja dengan banyak keunggulan dan fitur. Tidak ada salahnya, tapi dibalik gratisan itu…ada informasi yang sangat berharga, bila digunakan dengan baik maka hasilnya dahsyat. Sebaliknya bila digunakan untuk kejahatan, pastilah hasilnya juga bakalan dahsyat juga.

Tentu saja, jualan Google atau Facebook terletak pada advertisement. Iklan. Ada investor yang berperan disana yang “membeli” data informasi tersebut untuk digunakan, baik untuk dijual ataupun menawarkan barang lain. That’s capitalism.

Beda Google, beda juga bank. Saya tidak begitu percaya bank, karena seringkali menawarkan produk-produk yang tidak ada hubungannya dengan bisnis nasabah. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah ditawari sesuatu yang gratis hari ini?

Posting Menarik Lainnya:

  1. Free WordPress Magazine Themes Style Karya Anak Bangsa

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Pencarian populer: free vcc