Download Manager Terbaik

Download Manager TerbaikSaat surfing internet dan ingin download file, apakah Anda juga menggunakan software untuk mengunduhnya? Berikut ini merupakan opini saya mengenai download manager terbaik. Tidak bisa dipungkiri kalau tiap tahun banyak perangkat lunak yang beredar di internet yang menggantikan versi-versi lawas sebelumnya, entah karena banyak bugs atau mungkin penambahan fitur.

Pada 2009 ini, saya masih tetap berpaku pada dua software manager yang menurut saya masih dapat bekerja dengan baik, walau memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu DownThemAll (firefox plugin) dan Orbit. Kedua software memang udah menjadi most popular versi Download.com, jadi nggak ada salahnya kalau Anda juga mencobanya.

Keunggulan mereka berdua adalah adanya fitur “wajib” resume download. Ini memungkinkan user untuk mengulang kembali file yang telah didownloadnya dan tiba-tiba putus ditengah jalan. Biasa kan, koneksi di tanah air yang begitu-begitu, begitu jalan lancar, begitu ngadat, e cape de.

Menurut pengalaman saya, DownThemAll lebih banyak menyedot bandwidth, apalagi kalo diseting full, bakalan nggak bisa browsing deh. Lain halnya dengan Orbit yang notabene lebih surfing friendly, walau waktu browsing malah kecepatan download dibagi. Tapi sayang, Orbit sering error di Vista, entah kenapa setiap update juga sering crash. Nggak akur kali ya sama OS-nya.

Kelemahan dan kelebihan DownThemAll adalah pada resume juga. Aneh memang ini plugin, selain bisa resume, malah kadang waktu disuruh melanjutkan download file yang terputus, eh session-nya udah expired dan balik lagi ke 0 byte. Beda nih dengan Orbit yang lancar jaya (asal nggak crash) saat melanjutkan file yang terputus di tengah jalan.

Saya sih lebih senang download file kecil dengan DownThemAll dan file-file besar dengan Orbit, karena lebih efisien dan nggak beresiko, apalagi kalo Anda mengunduh banyak file besar ratusan MB. Pake download manager built-in? Jangan deh. Saya juga nggak terlalu senang banyak software yang mendekam di komputer saya, selain bikin berat, biasanya banyak yang nggak kepake. Lebih baik buang perangkat lunak yang nggak diperluin daripada menuh-menuhin hard disk dan nggak bermanfaat bagi kita.

Bagaimana dengan Anda? Silakan bagikan pendapat Anda mengenai download manager terbaik 2009 versi Anda di kolom komentar.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Download OpenOffice 3
  2. Faster Upload & Download without FTP

3 Responses to “Download Manager Terbaik”

  1. berkunjung ke blog sahabat,
    thanks infonya. hem, saya masih pakai firefox nie.. dan asik2 aja pas pakai pluginnya untuk ngundung. hem, cuma Orbit wajib ane coba.

  2. Thanks penjelasannya ya tentang downlaod manager..

  3. Wah kebetulan ane juga pake DownThemAll

    dari pada bawaan firefox. dengan DownThemAll jadi lebi lancar deh..

Leave a Reply

Pencarian populer: download open office