Caps Lock Maniac

Caps Lock ManiacPernahkah Anda melihat banyak website yang memberikan judul dalam huruf besar semuanya? Saya sebut ini CAPS LOCK MANIAC, karena biasanya orang-orang ini nyepam forum dan chatting dengan caps lock menyala dan membuat semua orang sebal.

So, what’s up with caps lock anyway?

Nggak ada sebenernya, cuman ada orang-orang yang menganggap dari segi SEO, judul dengan huruf besar semua bakalan menggiring orang untuk mengklik lebih banyak daripada yang lainnya di hasil pencarian search engine. Atau dengan bahasa teknisnya, CTR (clickthrough) besar.

Mereka mendasarkan ini pada suatu “riset ngaco” yang menyebutkan bahwa banyak dari hasil pencarian yang TIDAK MENGGUNAKAN huruf besar semua, jadi bila Anda menggunakannya, maka akan BERBEDA dengan yang lain, dengan itu bisa meningkatkan CTR, hasilnya traffic akan datang.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa besar CTR tergantung dari posisi. Semakin Anda diatas, otomatis CTR juga semakin besar. Lalu kalau posisi dibawah, dengan menggunakan caps lock, Anda akan menggandakan CTR? Ini salah besar.

Faktanya, judul dengan huruf besar akan menyulitkan pembacaan, tidak scannable, dan tidak menyenangkan user karena caps lock biasanya mengindikasikan kemarahan, emosi dan teriakan.

Kalau Anda menggunakan CAPS LOCK dan mendapatkan banyak traffic, bisa jadi user yang datang ke website Anda tidak membaca judul melainkan deskripsi yang ada dibawah judul yang muncul pada hasil pencarian.

Celakanya lagi kalau Anda mengisi deskripsi halaman website (meta description) dengan huruf besar semua. Saya nggak bisa bayangkan bagaimana hasilnya waktu muncul di hasil pencarian search engine.

So, please stop using CAPS LOCK!