Budgeting Untuk Bisnis Baru

Budgeting untuk Bisnis BaruLagi bingung nih gimana cara budgeting untuk bisnis baru? Khususnya untuk bisnis online, budgeting memegang peranan penting yang juga merupakan syarat penting untuk memulai bisnis online. Tidak perlu analisa yang berlebihan terhadap budgeting, hanya beberapa poin yang penting yang perlu Anda persiapkan dan seberapa dalam Anda mau merogoh kocek Anda per bulannya.

Poin-poin budget bisnis baru:

  1. Domain: Merupakan nama bisnis baru Anda, jadwalkan setiap tahun Anda mesti membayar ini. Sisihkan sekitar kurang lebih Rp. 100.000,- / tahun atau Rp. 8.400,- per bulan.
  2. Hosting: Ini merupakan rumah dari bisnis baru Anda. Pilih baik-baik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pikirkan dari mana pengunjung Anda datang. Bila kebanyakan pengunjung lokal, pilih IIX. Bila banyak yang dari luar negeri, pilih dari US. Besarnya bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa banyak pengunjung Anda dan space yang Anda butuhkan. Sisihkan sekitar Rp. 50.000,- per bulan.
  3. Koneksi Internet: Biaya ini bisa bervariasi tergantung dari koneksi internet apa yang Anda pakai. Saya sarankan untuk tidak memakai warnet karena kurang adanya privasi, sebaliknya Anda bisa gunakan koneksi ADSL seperti Speedy yang besarnya sekitar Rp. 200.000,- per bulan.
  4. Marketing: Ini menentukan kesuksesan bisnis Anda. Bila Anda berbisnis affiliate atau produk baru, beriklan di PPC mungkin sudah Anda sering dengar. Besarnya bisa bervariasi, tergantung kemampuan Anda. Untuk memulainya, coba sisihkan sekitar Rp. 100.000,- per bulan untuk test and proper terlebih dahulu sampai Anda merasa nyaman beriklan di sana.

Total estimasi budget di atas adalah sekitar Rp. 358.400 / bln. Dari poin di atas, bisnis baru di Internet memang tidak murah, apalagi bila Anda ingin mendapatkan pengunjung hanya dari SEO, Anda harus siap-siap rugi dan menunggu 6-12 bulan baru mendapatkan hasil yang optimal.

Bisnis modal dengkul? Hasilnya juga dengkul.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Tips Memilih Hosting Murah Untuk Memulai Bisnis Online Anda
  2. Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda
  3. Kapan Dapat Pengunjung?
  4. Memulai Bisnis Online Dengan Mindset Yang Benar
  5. Bisnis Online Adalah Seperti Mengendarai Sepeda
  6. Jangan Asal Terjun ke Bisnis Internet
  7. Kelemahan Bisnis Online
  8. Wajah Baru Blog
  9. Paksaan Untuk Beradaptasi
  10. Keyword Bisnis Online Makin Populer

2 Responses to “Budgeting Untuk Bisnis Baru”

  1. valery47 says:

    pengennya sih model dengkul hasil segunung…wekekekekeke

  2. jemmy says:

    @valery47: bisnis apaan ntu? :D

Leave a Reply