Bounce Rate adalah Salah Satu Faktor SEO

Why I Love geeks.pirillo.com
Image by l0ckergn0me via Flickr

Bounce Rate adalah salah satu faktor SEO yang paling penting. Kenapa penting? Karena ini akan mempengaruhi hasil SERP Google bila Anda bermain SEO untuk mendapatkan traffic organik (dari hasil result search engine).

Google memberikan beberapa petunjuk mengenai bounce rate ini di halaman support analytics:

Bounce Rate: Bounce rate is the percentage of single-page visits (i.e. visits in which the person left your site from the entrance page. Bounce rate is a measure of visit quality and a high bounce rate generally indicates that site entrance (landing) pages aren’t relevant to your visitors. You can minimize Bounce Rates by tailoring landing pages to each keyword and ad that you run. Landing pages should provide the information and services that were promised in the ad copy.

Secara sederhana,bounce rate adalah prosentase visitor keluar dari halaman website Anda setelah masuk dari SERP Google. Biasanya ini ditandai dengan aksi visitor menekan tombol back setelah mengetahui bahwa visitor tersebut tidak menemukan apa yang dia cari di halaman website Anda. Ini merupakan indikasi bahwa kualitas isi website Anda kurang / tidak relevan dengan apa yang dicari visitor Anda. Semakin tinggi bounce rate ini, maka Google menganggap kualitas website Anda kurang bagus dan (mungkin) akan menurunkan ranking website Anda di halaman search resultnya.

Lalu bagaimana cara mengurangi tingkat bounce rate?

Pertama, kenali dulu halaman mana dari website Anda yang mengalami masalah ini. Anda dapat menggunakan Google Analytics atau tool analytic lain untuk mengenali gejala ini.

Setelah Anda mengetahui halaman mana yang mengalami masalah ini, segera ubah isi halaman tersebut sehingga relevan dengan hasil pencarian dan memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung Anda.

Yang ketiga, sabar. Rangking Anda akan turun beberapa saat karena perubahan yang Anda lakukan. Jangan putus asa dengan mengubahnya kembali. Tingkat bounce rate Anda akan turun dengan sendirinya.

Apa yang menyebabkan tingginya bounce rate?

  1. Tembak-menembak keyword. Istilah ini banyak digunakan dengan memakai keyword yang populer (misalnya download mp3) untuk menggaet (saya istilahkan: memanipulasi) keyword yang mereka tuju dengan tujuan mendapatkan rangking yang tinggi di SERP. Istilah kerennya adalah sidewinding. Sidewinding tidak selamanya buruk, selama visitor mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di website Anda.
  2. Kualitas isi website yang buruk, seperti font yang kurang sesuai, tulisan-tulisan yang nggak nyambung, tulisan yang tidak dapat dibaca manusia, dll.
  3. Loading halaman website yang lama. Loading yang lama bisa menyebabkan visitor enggan berkunjung ke website Anda. Umumnya loading yang lama ini bisa ditemui di website yang banyak menggunakan grafis dan flash dalam websitenya. Anda bisa menggunakan tool gratis di SubmitExpress untuk mengenali gejala lola alias loading lambat wkwkwk.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Sandbox adalah Istilah yang Menyebalkan
  2. Analisa Keyword dengan 103Bees – Intro
  3. Kuantitas atau Kualitas?
  4. Fenomena Video Mesum Ariel Peterpan, Luna Maya dan Cut Tari
  5. Laporan Riset Keyword dengan NicheBot – WordTracker Keywords Tool
  6. Top Ranking Google Ternyata Bukan Segalanya
  7. Jebakan Tikus Search Engine
  8. Google MayDay Update
  9. Kematian Scraper – Google dan AJAX SERP
  10. 3 Kunci Eksistensi Website

9 Responses to “Bounce Rate adalah Salah Satu Faktor SEO”

  1. Jaka says:

    Petromax boss…

  2. s4ndy says:

    mantab mas,waduw kayaknya kena bounce rate ni,kalo google dance apaan yah?

  3. jemmy says:

    @sandy: lagi update index tuh, makanya joget2 semua servernya wkwkwk

  4. Bayu Mukti says:

    apa ada hubungannya dengan bounce game hp itu mas ??

  5. salam kenal
    wah blognya yahuuuud
    contentnya juga menarik
    bisakah tuker link?

    thanks ya

  6. jemmy says:

    @bayu mukti: iyo, sama-sama loncat-loncatnya wkwkwk

  7. Get Idol says:

    wah baru tau nih boss

  8. andy says:

    bener banget tuh sob, emang bounce rate bisa berpengaruh sama seo ranking blog kita, terutama buat penyusunan halaman artikel disearch engine. Tapi aku baru tau tuh kutipan langsungnya dari Google, karena selama ini aku cuma liat artikel mengenai seo tentang dampak bounce rate dll. Tingkat bounce rate blog aku juga sempet tinggi klo diliat dari grafiknya alexa dulu, tapi aku bersukur sekarang sudah turun secara drastis dalam 3 bulan belakangan ini, alhasil trafik organic yang sobat tulis diatas datang ke blog aku secara pelan-pelan. Thank nih sob infonya aku jadi tau lebih detail.

  9. ane says:

    wah baru tahu sekarang apa itu bounce rate..thanks untuk infonya