Blogging Seharusnya Bukan Menjadi Sumber Penghasilan Anda

BloggingLagi jalan-jalan di forum, eh nemu link berita tentang blogging. Setelah membacanya disini, ada sedikit pencerahan dan saya akhirnya mengambil kesimpulan bahwa blogging seharusnya bukan menjadi sumber penghasilan. Tentu, blog bisa menghasilkan uang, saya sendiri telah membuktikannya. Tapi untuk menggantikan day job seperti pergi ke kantor atau bekerja 8 jam sehari, lalu pulang ke rumah tercinta dan bercengkrama dengan keluarga tanpa membicarakan tentang pekerjaan? Nothing beats that.

Menurut berita tersebut, rata-rata orang sukses yang mengeruk uang dari blognya “hanya bertahan” selama 3 tahun, setelah itu entah bosan atau mungkin merasa hasil yang didapat tidak sebanding dengan pengorbanannya. Bahkan blog terkenal sekelas Techchrunch pun berencana untuk menjual blognya setelah 3 tahun, namun belum menemukan pembeli yang berani mengeluarkan kocek USD $100 juta.

Dari komentar-komentar yang didapat, nggak sedikit orang yang berkelakar bahwa blog masih bisa menghasilkan uang, tapi kebanyakan dari mereka ini “mungkin” belum banyak makan asam garam, sehingga belum tahu rasa jenuh yang menghampiri saat harus posting, atau saat sandbox muncul saat yang sangat tidak diinginkan, atau saat yang menyebalkan lainnya.

So, bangga disebut pengangguran? Nggak ah.