Blogging Seharusnya Bukan Menjadi Sumber Penghasilan Anda

BloggingLagi jalan-jalan di forum, eh nemu link berita tentang blogging. Setelah membacanya disini, ada sedikit pencerahan dan saya akhirnya mengambil kesimpulan bahwa blogging seharusnya bukan menjadi sumber penghasilan. Tentu, blog bisa menghasilkan uang, saya sendiri telah membuktikannya. Tapi untuk menggantikan day job seperti pergi ke kantor atau bekerja 8 jam sehari, lalu pulang ke rumah tercinta dan bercengkrama dengan keluarga tanpa membicarakan tentang pekerjaan? Nothing beats that.

Menurut berita tersebut, rata-rata orang sukses yang mengeruk uang dari blognya “hanya bertahan” selama 3 tahun, setelah itu entah bosan atau mungkin merasa hasil yang didapat tidak sebanding dengan pengorbanannya. Bahkan blog terkenal sekelas Techchrunch pun berencana untuk menjual blognya setelah 3 tahun, namun belum menemukan pembeli yang berani mengeluarkan kocek USD $100 juta.

Dari komentar-komentar yang didapat, nggak sedikit orang yang berkelakar bahwa blog masih bisa menghasilkan uang, tapi kebanyakan dari mereka ini “mungkin” belum banyak makan asam garam, sehingga belum tahu rasa jenuh yang menghampiri saat harus posting, atau saat sandbox muncul saat yang sangat tidak diinginkan, atau saat yang menyebalkan lainnya.

So, bangga disebut pengangguran? Nggak ah.

Posting Menarik Lainnya:

  1. SEO Sudah Mati? Waktunya Menjadi Publisher PPC
  2. Top Ranking Google Ternyata Bukan Segalanya

14 Responses to “Blogging Seharusnya Bukan Menjadi Sumber Penghasilan Anda”

  1. Saya pun berfikir demikian, daripada membebebani diri dengan uang Online yang gak jelas mending kita fokus belajar Programming biar bisa membuat sesuatu sendiri yang bisa dijual n itu lebih menguntungkan bagi saya

  2. bayu mukti says:

    hmmm saya kurang 1 tahun lagi domg ?? wekekekee……pokoknya tiap bulan nambah 50% dari bulan lalu sepertinya tetap bertahan aja deh :P . hehehehe

  3. jemmy says:

    @bayumukti: hihihi, kalo saya masih lama :P
    @kuliah gratis: jelas kok duitnya, cuma banyak kasus yang tidak bertahan lama seperti bisnis offline umumnya

  4. Rudi says:

    Wah, saya malah baru mulai nih Mas.. hihi. Tapi menurut saya bekerja dan menjadi blogger sekaligus oke juga. Saling mengisi, adakalanya lagi suntuk kerja dikantor, ya update blog. Begitu juga sebaliknya.. Btw, salam kenal ya Mas.. ;)

  5. jemmy says:

    @rudi: sebagai sampingan blogging oke kok :) salam kenal juga

  6. chokey says:

    Padahal Gw baru belajar neh..salam kenal mas

  7. Septian says:

    Jangankan full time….nge blog sampingan saja kadang sering terasa bosan…mungkin karena bingung apa lagi yg harus dicapai dr. Blog…uang sudah dapat…jadinya harus cari tantangan atau kerjaan lainnya biar gak cepet bosen ;)

  8. made gelgel says:

    wah kalo saya baru sekali pernah dapet duit online, hehehe

  9. Kang Nawar says:

    bisnis online akan terus berkembang… menurut saya.
    blog hanya salah satu media, kemungkinan ke depan blog akan dikelola secara lebih baik dengan managemen perusahaan, mungkin loch Mas….

  10. iklan says:

    jangan menyerah.. setiap manusia pasti tidak pernah puas dan itulah yg membuat rasa bosan . semoga kita bisa lebih mensyukuri y mas…

  11. kalau bisa dua duanya bisa berjalan antara bekerja di kantor dan blog …harus bisa ngatur waktu

  12. jemmy says:

    @iklan: benar mas, hanya saja pikiran bahwa blogging akan menjadi satu pekerjaan selamanya itu yang salah.

  13. Reza Fauzi says:

    hm…. buat saya ngeblog bukan sebagai sumber penghasilan utama, tapi hanya sebagai hadiah saja, hehe

  14. Rahmat says:

    Sip mas, dengan blog kita cepet sukses. hanya dalam waktu 3 tahun gitu ya mas, udang setumpuh dolarna. Trus kalau sudah sukses males ngeblog :d gpp

Leave a Reply