Belajar Bisnis Online Secara Gratis

digg-o-land par Bonhamled
Image by xtof via Flickr

Mau belajar bisnis online secara gratis? Susah menyerap materi dan konsep bisnis online? Informasi bisnis online ini bisa Anda dapatkan secara gratis alias tanpa bayar. Sudah saatnya Anda membangun bisnis online Anda sendiri, karena peluang bisnis online yang begitu luas dan tidak terbatas waktu dan tempat. Anda bisa bekerja dimana saja asal memiliki sedikit pengetahuan tentang memakai komputer dan internet. Sudah siap belajar?

Belajar bisnis online secara gratis? Siapa yang tidak mau? Saya juga mau. Sayang sekali, tidak banyak orang yang mau berbagi ilmu dan strategi bisnis online. Yang sering malah menawarkan produk bisnis online yang Anda sendiri belum jelas apa fungsi dan manfaatnya. Tidak salah bila mereka menawarkan produk kepada Anda. Toh mereka juga telah membangun bisnis online sebelum Anda, dan mungkin tidak sampai sasaran karena Anda hanya ingin belajar bisnis online, bukan membeli produk mereka.

Lalu dimana tempat untuk belajar bisnis online secara gratis?

  1. Blog. Banyak para pelaku bisnis online memiliki blog pribadi yang berisi uneg-uneg, cerita suka duka, dan bahkan bila Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan ilmu yang tidak Anda dapatkan sebelumnya secara gratis. Bookmark artikel yang Anda sukai, baik di social bookmark seperti digg.com, technorati.com, lintasberita.com, atau secara manual di browser Anda, supaya Anda tidak kehilangan ilmu yang telah Anda dapatkan karena lupa.
  2. Forum Bisnis Online. Cari forum yang spesifik membahas tentang bisnis internet, daftar terlebih dahulu data diri Anda di forum bisnis online tersebut. Di forum Anda bisa lebih leluasa menanyakan tentang apapun yang ingin Anda tanyakan seputar bisnis internet dan mendapatkan jawaban dari orang-orang yang telah berpengalaman. Baca peraturan forum dan pahami sebelum menggunakan layanan mereka. Kemungkinan bila Anda melanggar peraturan akan diberi sanksi tegas dari moderator forum berupa peringatan atau bahkan penghapusan akun sehingga Anda tidak dapat berpartisipasi di forum lagi.
  3. Mailing List. Anda pasti sudah mengenal ini. Hati-hati dalam mendaftar di mailing list, bisa-bisa inbox email Anda penuh oleh email-email dari mailing list yang Anda ikuti. Anda bisa memakai cara sebagai berikut untuk menghindari hal ini: Buat akun email baru yang khusus untuk menampung email dari mailing list ini dan daftarkan akun email tersebut ke mailing list.
  4. Komunitas. Anda bisa mengikuti komunitas blogger yang seringkali mengadakan kegiatan kopi darat dan kegiatan sosial. Manfaat yang paling besar adalah Anda bisa bertemu secara langsung orang-orang yang biasanya hanya Anda kenal melalui blognya.

Selamat belajar bisnis online secara gratis. Memang butuh waktu yang tidak sedikit dalam belajar bisnis online, namun bila Anda mau berusaha, pasti ada jalan untuk meraihnya. Sukses untuk Anda.

Posting Menarik Lainnya:

  1. Jangan Harap Mendapat Ilmu Secara Gratis!
  2. Kreativitas Dalam Bisnis Online
  3. Jangan Mau Rugi dalam Bisnis Online!
  4. Jangan Asal Terjun ke Bisnis Internet
  5. Memulai Bisnis Online, Rahasianya Ada Disini!
  6. Kelemahan Bisnis Online
  7. Jangan Ngeyel Kalau Mau Sukses di Bisnis Online
  8. Konsep Motivasi Dasar Bisnis Online
  9. Maintenance Mode – Penting Dalam Bisnis Online
  10. Manfaat Facebook Bagi Pelajar Bisnis Online

13 Responses to “Belajar Bisnis Online Secara Gratis”

  1. uchups says:

    mas..sekarang aku lagi tahap belajr ….tolong kasih saran kekurangan blog saya…apa yang perlu saya lengkapi…saya pengin bisa membuktikan bahwa dari blog bisa mmeperoleh penghasilan

  2. jemmy says:

    @uchups: sama-sama belajar mas :)
    kalo saya lihat sih iklannya kok malah disembunyiin? malah nggak diklik donk lha gak keliatan :P Kayaknya penempatan unit iklannya yang salah, jadi dia ngikut background ijo, bukannya background postingnya. Tetep posting aja, jangan lupa dipromosiin (pakai media-media lain juga, jangan cuma dari shoutmix). Semoga sukses.

  3. Blog yang sangat bagus. Banyak informasi yang saya dapatkan dari artikel2 anda. Terima kasih….

  4. jemmy says:

    @investasi cari duit: terimakasih, semoga bermanfaat :)

  5. geblek says:

    belajar bareng lewat ceting asik juga :D

  6. jemmy says:

    @geblek: awas lho cettingan terus ga mulai-mulai :D

  7. Reza Fauzi says:

    rajin blogwalking aja ntar juga nemu blog tentang bisnis online :D

  8. jemmy says:

    @reza fauzi: betul mas, klo rajin pasti nemu blog tentang bisnis online lainnya :D

  9. [...] bisnis online, karena ini akan mempercepat proses pembelajaran Anda dibandingkan bila Anda membaca blog bisnis online seperti blog ini (hehehe). Kelemahan #2: Biaya yang tidak murah. Siasat? Perbaiki mindset bisnis [...]

  10. arshall says:

    mas mo tanya nih, aku mau belajar bisnis online tapi ga tau mesti mulai darimana. terus bisnis yang paling cepat menghasilkan dengan modal yg minim apa ya mas? makasih ya mas.

  11. jemmy says:

    @arshall: klo yang paling cepat freelance kali, menjual kemampuan sendiri :)
    klo bisnis online yang lain masih perlu modal yang cukup, baik materi maupun skill, dan nggak bisa cepat apalagi kalau Anda belum punya pengalaman.

  12. Top banget tips nya, saya mo nambahin ya,

    Belajar juga dari ahlinya langsung…soalnya kalo nyari2 kadang malah bikin puyeng,…

    Btw, thanks infonya

  13. Hampir semua yang ada di internet ini gratis, termasuk info mengenai bisnis online,..tapi belajar bisnis online sulit kalo tidak tahu ilmunya…

    hehee

Leave a Reply

Pencarian populer: belajar ebay