Belajar Bisnis Online Secara Gratis

digg-o-land par Bonhamled
Image by xtof via Flickr

Mau belajar bisnis online secara gratis? Susah menyerap materi dan konsep bisnis online? Informasi bisnis online ini bisa Anda dapatkan secara gratis alias tanpa bayar. Sudah saatnya Anda membangun bisnis online Anda sendiri, karena peluang bisnis online yang begitu luas dan tidak terbatas waktu dan tempat. Anda bisa bekerja dimana saja asal memiliki sedikit pengetahuan tentang memakai komputer dan internet. Sudah siap belajar?

Belajar bisnis online secara gratis? Siapa yang tidak mau? Saya juga mau. Sayang sekali, tidak banyak orang yang mau berbagi ilmu dan strategi bisnis online. Yang sering malah menawarkan produk bisnis online yang Anda sendiri belum jelas apa fungsi dan manfaatnya. Tidak salah bila mereka menawarkan produk kepada Anda. Toh mereka juga telah membangun bisnis online sebelum Anda, dan mungkin tidak sampai sasaran karena Anda hanya ingin belajar bisnis online, bukan membeli produk mereka.

Lalu dimana tempat untuk belajar bisnis online secara gratis?

  1. Blog. Banyak para pelaku bisnis online memiliki blog pribadi yang berisi uneg-uneg, cerita suka duka, dan bahkan bila Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan ilmu yang tidak Anda dapatkan sebelumnya secara gratis. Bookmark artikel yang Anda sukai, baik di social bookmark seperti digg.com, technorati.com, lintasberita.com, atau secara manual di browser Anda, supaya Anda tidak kehilangan ilmu yang telah Anda dapatkan karena lupa.
  2. Forum Bisnis Online. Cari forum yang spesifik membahas tentang bisnis internet, daftar terlebih dahulu data diri Anda di forum bisnis online tersebut. Di forum Anda bisa lebih leluasa menanyakan tentang apapun yang ingin Anda tanyakan seputar bisnis internet dan mendapatkan jawaban dari orang-orang yang telah berpengalaman. Baca peraturan forum dan pahami sebelum menggunakan layanan mereka. Kemungkinan bila Anda melanggar peraturan akan diberi sanksi tegas dari moderator forum berupa peringatan atau bahkan penghapusan akun sehingga Anda tidak dapat berpartisipasi di forum lagi.
  3. Mailing List. Anda pasti sudah mengenal ini. Hati-hati dalam mendaftar di mailing list, bisa-bisa inbox email Anda penuh oleh email-email dari mailing list yang Anda ikuti. Anda bisa memakai cara sebagai berikut untuk menghindari hal ini: Buat akun email baru yang khusus untuk menampung email dari mailing list ini dan daftarkan akun email tersebut ke mailing list.
  4. Komunitas. Anda bisa mengikuti komunitas blogger yang seringkali mengadakan kegiatan kopi darat dan kegiatan sosial. Manfaat yang paling besar adalah Anda bisa bertemu secara langsung orang-orang yang biasanya hanya Anda kenal melalui blognya.

Selamat belajar bisnis online secara gratis. Memang butuh waktu yang tidak sedikit dalam belajar bisnis online, namun bila Anda mau berusaha, pasti ada jalan untuk meraihnya. Sukses untuk Anda.