Bahaya Nofollow

bahaya nofollowSaya juga baru tahu, ternyata ada juga ya bahaya nofollow, ini berkaitan dengan prediksi bakal berubahnya algoritma untuk menangani atribut nofollow yang biasanya diberikan pada link. Selama ini nofollow diberikan pada link-link yang kita rasa tidak banyak memberikan manfaat berarti, nggak perlu diindex oleh Google, atau bila Anda mengerti flow PR pada situs Anda, untuk mengontrol flow PR agar tidak bocor kemana-mana.

Tapi dengan adanya perubahan kali ini, nofollow dikabarkan oleh SEOmoz bakal menyedot PR (bila sebelumnya tidak bakal membuat PR bocor) dan tidak memberikan aliran PR ke link yang dituju. Ini berbahaya sekali, terutama bila Anda memiliki PR yang lumayan tinggi dan memberikan atribut nofollow pada eksternal link pada website Anda.

Namun, walau berupa kabar burung yang belum terjamin keabsahannya, mulai banyak webmaster yang “kembali ke jaman purba” alias menerapkan praktik yang sebelumnya dilakukan untuk memblok search engine mengindex halaman-halaman yang tidak diinginkan untuk diindex, yaitu dengan menggunakan JavaScript, Flash dsb.

Bagaimana dengan Anda?