Backlink Check dengan LinkScape

Yahoo Owns Google
Image by dannysullivan via Flickr

Bagi yang udah tau tools backlink checker tradisional seperti Yahoo SiteExplorer (yang makin hari makin sulit dimengerti), maka Anda bisa mencoba alternatif backlink check tool LinkScape. Ini bukan tools gratisan, walaupun pembuatnya (SEOmoz) memberikan report basic yang free (menurut saya nggak ada apa-apanya karena berisi informasi yang nggak penting banget).

OK, sekarang buat apa menganalisa backlink? Ada beberapa alasan kenapa kita harus menganalisa backlink:

  1. Meningkatkan efektifitas indexing search engine.
  2. Meningkatkan efektifitas targetting anchor text dan link.
  3. Brainstorming keyword dan backlink.
  4. Optimasi untuk local search.
  5. Riset kompetitor.
  6. Tracking backlink situs web Anda.

Menariknya, ternyata tools PRO ini telah dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti eBay, Siemens, Disney, Sun Microsystem, dll. Harganya pun nggak main-main, paling murah $79 per bulan. LinkScape memberikan klaim garansi 30 hari uang kembali.

Setelah melihat-lihat tournya, memang sangat powerful dan banyak decission support yang akan membantu menganalisa backlink. Lupakan Yahoo SiteExplorer atau bahkan tools berbayar seperti SEOElite!

Ada yang menangkap mata saya saat menggunakan tools ini (Basic Report aja), bila hanya satu URL saja, Anda akan bingung, untuk apa angka-angka tersebut, tapi bila Anda memasukkan 2 URL, maka LinkScape akan membandingkan dua URL tersebut! Ini bisa Anda gunakan untuk membandingkan web Anda dengan pesaing.

Beberapa poin yang saya anggap penting adalah adanya statistik freshness dan mozRank yang nggak bisa didapatkan di tools backlink checker lainnya. Sayang di Basic Report tidak ada statistik perbandingan kualitas link, hanya kuantitas link saja.