Awas Muncrat!

Awas MuncratAh, postingan ini mengingatkan saya sama beberapa blogger yang secara ‘bodohnyamengcopy secara mentah-mentah keyword-keyword dan isi posting blog-blog lain, baik melalui SEMRush ataupun melihat daleman blog-blog tersebut. Awas muncrat lho, apalagi sampe mimisan!

Apanya yang muncrat? Setelah beberapa bulan saya melakukan SEO dan blogging, saya menemukan kecenderungan blogger-blogger pemula (bah saya juga pemula kok) untuk melakukan copy paste baik melalui ctrl+c atau melalui autoblog, berharap mendapat cipratan traffic dari search engine.

Sayangnya, seperti yang teman saya bilang, autoblog dan duplicate content trafficnya cepat turun karena konten yang tidak berkualitas, bahkan bisa menurunkan rangking blog Anda di search engine. Autoblog umurnya tidak lama, paling cuma beberapa bulan. Selain bouncing rate yang jelek, visitor tidak akan berlama-lama mengunjungi blog Anda, apalagi ngeklik iklan (yah itu yang Anda pikir kan?). Mungkin visitor akan merasa, “Wah saya nyasar nih“. Lebih parah lagi, apabila visitor merasa berkali-kali “nyasar” dan tidak menemukan apa yang mereka cari, mereka yang “melek google” akan menghilangkan situs Anda dari halaman pencarian di google dengan cara menekan tombol nuklir (eh bukan dink) disamping halaman pencarian google seperti di bawah ini:

SEMRush

Boom! Ilang dah.

Trus mana bagian yang muncrat? Blogger pemula yang mengikuti trend dan nembak keyword populer ini akan mendapati blog mereka masuk sandbox kesayangan Google dan bingung kenapa kok bisa begitu. Muncrat ama mimisan tuh soalnya kan bingung gimana cara bayar hostingnya kalo rangkingnya jeblok.

Coba yuk sama-sama tombol nuklirnya 😛

PS: Tulis sendiri deh artikelnya, pasti deh traffic akan bertambah. Gak usah ngeyel ya.