Apa Bisa Blog Bahasa Indonesia Go Internasional?

internationalPostingan guest blogging dari milik Pak Medhy di blogguebo.com menarik perhatian saya karena membahas mengenai pentingnya EYD dalam penulisan blog berbahasa Indonesia. Apa bisa blog bahasa Indonesia go Internasional? Awalnya saya mau ninggalin comment aja, tapi berhubung panjang, saya backlink sekalian aja lah. Bila Anda belum membaca, ada baiknya membaca postingan Yoki Dhinata disini.

Here goes…

Dalam artikel tersebut dibahas mengenai pentingnya copywriting dalam penulisan artikel di blog, khususnya untuk menjaring pengunjung dari luar negeri.

Intinya, saya nggak setuju. Copywriting emang penting, tapi kalau memang ingin menjaring pengunjung dari luar negeri, kenapa nggak sekalian nulis dalam bahasa Inggris?

Mengapa saya nggak setuju?

Pertama, target pengunjung. Kalau target pengunjung menyenangi bahasa formal, ada baiknya menyesuaikan dengan EYD yang berlaku. Tapi kalau tidak, mengapa harus memakai bahasa formal bila bahasa sehari-hari dapat menyampaikan pesan lebih baik daripada bahasa formal. Lagipula bahasa formal biasanya tidak cocok dipakai pada blog yang temanya bukan bisnis.

Dari segi uangnya (mode matre on…maap pak blognya temanya kan make money from blogging ya harus dipikirin sisi duitnya), kalau memasang pada blog berbahasa Inggris kita bisa memasang iklan-iklan dari bule sana, tapi kalau penulisannya berbahasa Indonesia, bila kita masang iklan, misalnya PPC mereka biasanya hanya menghitung klik iklan dari IP Indonesia saja. Okelah kita udah bisa memasang misalnya Google Adsense, tapi tetap saja, klik dari keyword Indonesia relatif rendah dibandingkan keyword luar negeri.

Untuk iklan lain pun demikian, iklan tidak akan tertarget, konversi rendah, uang nggak dapet, ujungnya biaya meningkat (karena bandwidth yang dimakan oleh visitor bule yang tak tertarget oleh iklan tersebut).

PS: Ada juga kok visitor yang memanfaatkan google translate pada blog-blog saya, tapi karena tidak signifikan dan “nggak ada duitnya”, saya tidak terlalu mempedulikan keberadaan mereka, bahkan kalo bisa ngeblok IP mereka biar hemat bandwidth (bandwidth Indo mahal euy). Maaf lho hehehe.

    WARNING: Postingan diatas hanya opini semata dari pandangan blogger matre.

    Nggak setuju? Sah-sah aja. Bagikan dengan yang lain, masukkan uneg-uneg Anda di komentar.

    Posting Menarik Lainnya:

    1. Microsoft Manganaktirikan Indonesia?
    2. Blokir YouTube Untuk Indonesia
    3. ClickBank Masuk Indonesia
    4. 11 Persiapan Penting Mengikuti eBay Indonesia
    5. Provider Bisnis SMS di Indonesia
    6. Oalah, Agus Agus!
    7. AdOnBanner Scam?
    8. Nggak Bisa Komen di WordPress.Com

    One Response to “Apa Bisa Blog Bahasa Indonesia Go Internasional?”

    1. fachrul says:

      waduh berarti saya selama ini salah sangka, mesti dirubah ni. .

      lebih gampang pakai indonesia aja mas ,hehe masih newbie

    Leave a Reply

    Pencarian populer: ebay indonesia