4 Tips Mendapat Harga Murah dari Hosting Mahal

Amsterdam servercluster in its own rack
Image via Wikipedia

Anda mendapat informasi hosting entah dari teman, saudara, atau rekan bisnis Anda untuk memakai layanan hosting ‘mahal’ karena kehandalan dan support yang sangat responsif. Namun Anda terkendala modal bisnis. Memulai bisnis online dengan membeli hosting merupakan investasi awal yang tidak bisa dibilang ‘modal dengkul’.

Apakah Anda tahu bahwa Anda pun bisa mendapat harga murah dari hosting mahal tanpa harus tahu aspek teknis web hosting?

  1. Bila modal Anda masih mencukupi, bayar per tahun. Dari pengalaman saya, biasanya hosting yang sudah terkenal dan handal memang menetapkan harga mahal untuk pembayaran per bulan, sedangkan per tahunnya bisa lebih murah karena didiskon.
  2. Cari kupon web hosting di Internet. Kupon bisa memberikan diskon lagi untuk pembayaran web hosting Anda (biasanya hanya ada di luar negeri, entah kenapa hosting Indonesia pelit memberikan diskon hehe). Anda bisa mencarinya lewat Google dengan kata kunci “hosting coupon”. Biasanya kupon ini berupa kode yang akan bisa Anda masukkan saat pembayaran awal hosting.
  3. Awasi tren liburan. Biasanya saat-saat liburan, seperti natal dan tahun baru, web hosting memberikan harga promo hosting yang menguntungkan, seperti saat tahun baru kemarin, dreamhost.com bahkan memberikan diskon hingga 95% untuk masa 2 tahun.
  4. Cari promo web hosting di forum-forum. Forum merupakan salah satu media promosi favorit web hosting, karena sangat tertarget. Saya baru-baru ini juga mendapatkan promo 50% pembayaran seumur hidup dari forum. Lumayan bukan?