24 Jam Jadi Orang Susah

Jakarta verkeersopstopping Foto door mijzelf g...
Image via Wikipedia

Hari ini ke Cilegon, Jawa Barat buat ngehadirin kakak ipar yang bentar lagi mo merit. Tiket kan mahal nih, tiket pesawat yang memang lagi selangit harganya…yang kedua sih tiket kereta, wah ini juga lagi menggila harganya. Ke Jakarta klo naik Gajayana aja musti ngeluarin kocek 400rb, secara kan blom ada nih pengeluaran segitu banyaknya (PP nih). Bus…wah nggak deh. Akhirnya pilihan jatuh pada kereta ekonomi: Matarmaja, soalnya kan mau dari Malang-Jakarta.
Kereta ekonomi yang dah sering tak pake nih, kudu banyak-banyak bawa duit recehan nih…soalnya banyak model-model catwalk pengamen dan ‘pengemis’ yang mondar-mandir layaknya model terkenal. Kereta ini nih musti beli langsung, ga pake pesen-pesenan kayak kereta yang lebih mahal, bisnis ato ekonomi. Bagi yang belom tau nih, kereta ini memang nawarin harga miring, sekitar 55rb rupiah saja. Lumayan murah kalo dibandingkan sama eksekutif yang harganya 400rb!

Tapi, there’s always a catch. Murah-murah tapi…ya gitu deh. 24 jam nonstop pengamen dan pedagang asongan mondar-mandir, susah tidur, wc ga terkunci, bau pesing dimana-mana. Hehehe, yah namanya juga ekonomi, orang susah juga dapet fasilitas susah. FYI, recehan yang dah dibawa sejak awal senilai hampir 20rb dalam pecahan 500-an, 200-an sama 100-an ludes. Belom lagi nih, kebiasaan kereta ekonomi ngetem gara-gara ban gembos kres sama kereta eksekutif yang pengen nyalip. Nggak sekali, nggak dua kali, wah berkali-kali deh kehadang sama kereta londo yang berkocek tebal.

Dateng sih tepat waktu keretanya (jam 15.00 yang biasanya jam 14.00), lha wong dateng dah dari pagi trus ngetem parkir di stasiun nunggu jam berangkat dateng.

Alhasil, sampe di Stasiun Pasar Senen, Jakarta jam 11.30! Abis itu, naik metro mini 03 (angkutan umum paling keren nih di Jakarta, nyesel deh kalo belom pernah naek) ke daerah Cempaka Putih. Abis dari sana, estafet deh ke Cilegon naek Bus Merak. Lumayan juga, 15rb tanpa AC ke Cilegon, ketemu pengamen waria laki-laki yang pakaiannya kayak cewek. Eh dijalan tol ada truk terbalik yang berisi muatan mie. Entah mo dibawa kemana. 3 Jam total di jalan…ga bisa tidur, perut mules, ditambah masuk angin. Susahnya jadi orang susah.

Lengkap deh cuapeknya.