11 Persiapan Penting Mengikuti eBay Indonesia

Image representing eBay as depicted in CrunchBase
Image via CrunchBase

Tadi pagi, saya mendapatkan email dari Dee Ferdinand, seorang senior bisnis online yang bergerak di bidang affiliasi. Dee memberitakan bahwa ebay telah hadir di Indonesia! Dengan hadirnya ebay Indonesia, mungkin ini akan jadi salah satu tempat bisnis online yang bakal meledak di pasar Indonesia. Ini bakal menjadi angin segar bagi para pemain bisnis online Indonesia, karena ebay sendiri telah menguasai ceruk pasar terbesar di dunia dan memiliki reputasi yang mendunia.

Anda bisa melihatnya sendiri di id.ebay.com. Sekilas bisa dilihat, homepage masih banyak yang bertuliskan bahasa Inggris, sedangkan halaman lelang sendiri sudah berbahasa Indonesia. Mungkin karena masih baru, banyak yang perlu dibenahi oleh eBay Indonesia, seperti bidding yang masih mengharuskan memasukkan nilai dollar, bukannya rupiah. eBay menggunakan kurs sendiri (saya kurang tahu mengikuti kurs yang mana). Demi akses yang cepat, eBay Indonesia memposisikan diri di hosting singapura.

Apakah Anda berpikir seperti saya? Saatnya mempersiapkan diri untuk eksis di eBay.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk eksis di eBay Indonesia?

  1. Koneksi Internet. Pastinya ini menjadi modal awal Anda untuk dapat mengakses eBay Indonesia. Sebaiknya Anda menggunakan koneksi internet yang dapat Anda gunakan di rumah. Koneksi internet di Warnet sangat tidak saya sarankan untuk memulai bisnis online.
  2. Nomer Handphone. Ini sudah menjadi hal yang wajib dalam berbisnis online. Sebaiknya bedakan nomer untuk berbisnis internet dengan nomer yang Anda gunakan sehari-hari, sehingga Anda bisa membedakan rekan bisnis Anda dengan nomer teman Anda.
  3. Akun Email. Setup akun email yang profesional untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli (dan calon pembeli Anda). Hubungi layanan web hosting untuk setup email ini.
  4. Payment Gateway. Sudah mendaftarkan diri di PayPal? Salah satu payment gateway Indonesia lainnya adalah KlikBCA. Silakan daftarkan diri Anda dulu di keduanya. Saya yakin ini akan jadi payment gateway favorit.
  5. Website / Blog. Ini akan mendukung penjualan Anda di eBay Indonesia, memberikan image dan reputasi kepada pembeli (maupun calon pembeli) bahwa Anda telah eksis di Internet. Lebih memberikan image profesional bila Anda memakai hosting sendiri, bukannya memakai hosting gratis seperti blogspot dan multiply.
  6. Akun Yahoo Messenger. Ini juga untuk melayani pertanyaan dan memberikan komunikasi secara cepat kepada pelanggan / calon pelanggan Anda. Anda perlu memiliki akun email Yahoo dan download aplikasi Yahoo Messenger ke komputer Anda.
  7. Akun Social Networking. Buat akun social networking seperti Facebook.
  8. Akun Social Bookmarking. Ini akan menjadi sumber media promosi Anda. Anda dapat mengikuti social bookmarking lokal seperti LintasBerita dan InfoGue.
  9. Belajar Motret / Menyewa Fotografer Freelance. Bila produk Anda tergolong “mahal”, mungkin baiknya Anda menyewa seorang fotografer freelance untuk mengerjakan foto produk milik Anda. Kualitas foto sebanding dengan harga. Bila Anda mengerjakannya sendiri, beli kamera yang memadai untuk memotret produk Anda sehingga terlihat jelas. Hindari menggunakan kamera handphone.
  10. Belajar Editing Video / Menyewa Videografer Freelance. Anda akan memerlukan video, khususnya untuk diupload ke YouTube. Video ini sebagai suplemen untuk meyakinkan pembeli (atau calon pembeli) Anda, dapat berupa testimoni dan cara pemakaian produk tersebut. Anda bahkan bisa menyertakannya ke dalam paket produk Anda sebagai bonus penjualan. Gunakan imajinasi Anda.
  11. Belajar Copywriting / Membuat Sales Letter. Kalau perlu ikuti kursus menulis sehingga tulisan Anda bisa meyakinkan calon pembeli Anda untuk membeli produk Anda.

Lain waktu saya akan bahas satu persatu mengenai persiapan menghadapi persaingan bisnis online 2009 ini.